Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Penyebab rice cooker bau-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rice cooker atau penanak nasi adalah peralatan elektronik yang sangat berguna dan rutin digunakan. 

Rice cooker memudahkan kita memasak nasi dan menghangatkannya. Akan tetapi, masalah yang sering muncul adalah rice cooker bau. 

Rice cooker bau biasanya karena sisa nasi ditumbuhi bakteri dan fermentasi, sehingga membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Menggunakan air biasa dan sabun cuci piring untuk mencuci rice cooker mungkin tidak cukup untuk menghilangkan baunya, oleh karena itu diperlukan cara yang lebih agresif. 

BACA JUGA:Jangan Salah Beli, Begini Cara Menentukan Ukuran Rice Cooker

Berikut beberapa penyebab rice cooker bau dan cara mengatasinya. 

Kenapa rice cooker bau? Ada sejumlah penyebab rice cooker bau yang perlu diketahui. Berikut di antaranya : 

1. Fermentasi Nasi Sisa 

Rice cooker bau ketika ada sisa butiran beras di dalamnya dan butiran beras tersebut tetap berada di sana sampai berfermentasi seperti halnya semua makanan bertepung.

Meninggalkan beberapa butir nasi di dalam rice cooker dapat menyebabkan masalah. Anda akan mencium bau yang tidak sedap dan rice cooker perlu dibersihkan secara menyeluruh untuk menghilangkannya. 

2. Pembersihan Tidak Memadai 

Membersihkan rice cooker harus dilakukan dengan hati-hati dan sabar karena nasi merupakan makanan bertepung yang dapat meninggalkan residu setelah dimasak. 

Disarankan agar setiap bagian dari rice cooker dibongkar dan dibersihkan. Namun, jika saran tersebut tidak diikuti, sisa-sisa kecil nasi di sana-sini akan tertinggal. Bakteri akan menyerang sisa nasi tersebut sehingga menyebabkan rice cooker bau.

BACA JUGA:Sumsel Dapat Jatah Bantuan 10.844 Rice Cooker Gratis, Penerimanya Diusulkan dari sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: