Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Penyebab rice cooker bau-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. Bakteri Dari Beras Lama Mempengaruhi Beras Baru 

Bakteri berukuran sangat kecil, sangat kecil sehingga mustahil untuk melihatnya dengan mata telanjang, dan sayangnya, bakteri cenderung menyerang makanan, termasuk nasi.

Jika nasi pernah busuk di rice cooker, berarti ada bakteri di dalamnya. Namun, saat Anda membersihkan rice cooker, Anda akan menghilangkan sebagian besar bakteri tersebut, namun tidak semua. 

Bakteri yang tertinggal akan berkembang biak dan siap menyerang saat Anda menanak nasi lagi di rice cooker. Siklus ini akan terus berlanjut dan, dalam beberapa kasus, akan membuat nasi lebih cepat basi dari yang diperkirakan, dan menyebabkan bau tidak sedap keluar dari rice cooker. 

4. Nasi di Dalam Rice Cooker 

Meski rice cooker hadir untuk mempermudah proses memasak nasi, namun tidak bisa dikatakan bahwa bukan nasi yang membuat rice cooker berbau tidak sedap, nasi itu sendiri bisa menjadi penyebab rice cooker berbau.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

5. Kelembapan Dalam Beras  

Untuk memasak nasi, Anda perlu menambahkan banyak air. Bakteri cenderung berkembang biak dalam kondisi basah atau lembap. 

Karena butiran beras akan menyerap banyak air saat dimasak, sisa dan sisa butiran beras di dalam rice cooker akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri. 

Fakta bahwa rice cooker selalu tertutup membuat kelembapan terperangkap di dalamnya. Jika dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dibiarkan terbuka lebar, udara segar akan mengalir masuk dan keluar, membawa kelembapan sehingga alat masak tidak berbau apek. 

6. Pati Dilepaskan Dari Beras 

Kebanyakan rice cooker beroperasi pada suhu panas yang sangat tinggi dan hal ini menyebabkan pati terlepas. 

Pati yang berbau harum ini akan keluar lebih cepat dan dalam jumlah lebih banyak seiring dengan meningkatnya suhu rice cooker. 

Jika Anda tidak mencuci dan mengeringkan nasi berkali-kali sebelumnya maka akan banyak sekali pati yang terlepas selama pemasakan yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada rice cooker. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: