KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

KABAR GEMBIRA! Bulan November Dipastikan Bantuan Rice Cooker Gratis Dibagikan

ilustrasi rice cooker--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Program pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) rice cooker atau penanak nasi gratis dimulai pada November 2023 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Pembagian rice cooker tersebut diatur lewat Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan saat ini dalam proses pengadaan atau kontrak dengan produsen.

"Tahun ini. Kita lagi berjalan. Kita berusaha secepatnya mulai November ini. Kita kirimkan langsung, kan kita kontraknya dengan dia kirim, dikirimkan ke sesuai alamatnya itu," lanjutnya.

Diketahui, Kementerian ESDM telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Sebagai turunannya, juga telah diterbitkan petunjuk teknis penyediaan AML melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Daun Gedi untuk Program Hamil Pasutri

BACA JUGA:Bengkulu Dapat Kuota 3.845 Rice Cooker Gratis, Ini Syarat Penerimanya

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu menyampaikan program pemberian AML di 2023 merupakan insentif kepada rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu.

"Tujuan program ini adalah menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan. Selain itu, program ini bertujuan mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi listrik per kapita serta mendukung teknologi memasak yang lebih bersih," katanya.

Ia menyampaikan program penyediaan AML yang direncanakan sebanyak 500.000 unit pada 2023 di seluruh Indonesia itu berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 gigawatt hour (GWh) setara dengan kapasitas pembangkitan 20 megawatt (MW).

BACA JUGA:Agar Rezeki Mengalir Deras Sepanjang Hidup, Mbah Moen: Lakukan 5 Kebiasaan ini

BACA JUGA:Cek Syarat Penerima Bantuan Rice Cooker Gratis, KPM Penerima Bansos Termasuk?

Program itu juga berpotensi menghemat elpiji sekitar 29 juta kilogram atau setara 9,7 juta tabung 3 kilogram (kg).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: