Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Penyebab rice cooker bau-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Untuk memastikan pembersihan dilakukan dengan benar, semua bagian rice cooker harus dibongkar dan dicuci secara terpisah. Panci bagian dalam harus menjadi fokus pertama.  

Jika tidak ada sisa makanan di dalamnya, rendam dalam air sabun panas, lalu cuci dan keringkan di udara terbuka atau lap dengan kain kering.  

Jika ada butiran beras yang gosong dan menempel di dasar panci, Anda harus mengikisnya dengan sendok atau spons logam. 

Setelah Anda menghilangkan partikel makanan yang membandel, cuci kembali panci dengan spons dan bilas. Membersihkan tutup rice cooker mudah dilakukan jika Anda menggunakan model yang penutupnya bisa dilepas. 

Buka tutupnya dan rendam dalam air sabun panas, sama seperti cara mengolah panci bagian dalam. Lalu cuci, bilas dan keringkan. Jika rice cooker yang Anda miliki tidak memungkinkan Anda melepaskan tutupnya, gunakan spons lembut untuk menghilangkan sisa dan noda. 

Gunakan kain lembap lainnya untuk menggosoknya dengan hati-hati untuk “membilasnya”. Namun hati-hati, agar air tidak masuk ke bagian dalam rice cooker. 

Karena panci bagian dalam sudah dilepas, Anda harus membersihkan bagian dalam rice cooker. Gunakan kain lembap untuk menghilangkan sisa makanan dan biarkan mengering sebelum mengembalikan panci bagian dalam ke tempatnya. 

Jika ada kesulitan untuk menghilangkan residu keras bahkan dengan sendok logam atau spons, amplas bisa berguna. Gosokkan amplas pada sisa makanan hingga terlepas. 

Jika terdapat bau membandel pada rice cooker yang perlu dihilangkan, gunakan campuran air dan cuka. Untuk membuat campuran yang bermanfaat, Anda harus mencampurkan satu cangkir cuka dengan tiga gelas air.  

Tuangkan campuran ini ke dalam panci bagian dalam rice cooker dan nyalakan sampai campuran mendidih. Setelah titik didih tercapai, matikan dan biarkan seluruh alat menjadi dingin. 

Setelah dingin, bilas panci bagian dalam dengan campuran tersebut dan buang setelahnya. Gunakan air hangat biasa untuk membilas panci bagian dalam sekali lagi dan baunya akan hilang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: