Simak 5 Cara Jaga Warna Pakaian Agar Tidak Pudar saat Dicuci

Simak 5 Cara Jaga Warna Pakaian Agar Tidak Pudar saat Dicuci

Pudarnya warna pada pakaian biasanya disebabkan faktor perawatan yang tidak tepat dan terkesan asal-asalan.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Warna pada pakaian dapat memudar seiring berjalannya waktu. Pasalnya ketahan warna pada pakaian memiliki rentan waktu yang berbeda-beda. 

Pudarnya warna pada pakaian biasanya disebabkan faktor perawatan yang tidak tepat dan terkesan asal-asalan. Perawatan yang salah pada baju akan membuat warnanya jadi mudah pudar dan tak terlihat menarik.

Ada banyak hal yang membuat pakaian cepat pudar, tapi penyebab paling utama ada pada proses mencuci dan menjemur. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara menjaga warna pakaianagar tidak pudar saat dicuci.  Berikut beberapa cara merawat baju berwarna agar tidak mudah pudar. 

1. Pisahkan Baju Sebelum Mencuci

Salah satu yang sering membuat warna pakaian lebih cepat pudar adalah seringnya mencampur baju berwarna terang dengan baju berwarna gelap saat mencuci. Tindakan tersebut bisa menyebabkan baju berwarna terang menyerap pewarna dari baju berwarna gelap dan membuatnya terlihat kusam. 

BACA JUGA:Saat Akan Meninggalkan Kota Madinah, Kita Dianjurkan Membaca Doa Berikut Ini

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memisahkan baju berwarna gelap dan terang sebelum mencuci pakaian. Dengan begitu, potensi pencampuran warna tidak akan terjadi dan membuat warna baju pudar.

2. Gunakan Air Dingin Saat Mencuci

Cara menjaga warna pakaian selanjutnya agar tidak mudah pudar adalah dengan menggunakan air dingin daripada air panas. Air panas dapat menyebabkan serat kain mengecil dan memudar, terutama pada bahan yang sensitif terhadap panas.

Sedangkan air dingin bisa membantu menjaga warna agar tidak luntur dan serat baju terjaga. Bila Anda perlu membersihkan noda membandel, cukup gunakan detergen khusus untuk menjaga warna baju.

3. Hindari Penggunaan Mesin Pengering

Cara selanjutnya hindari penggunaan mesin pengering. Hal ini dikarenakan mesin pengering dapat menyebabkan pakaian mengalami gesekan yang berlebihan, yang kemudian menyebabkan warna baju pudar.

Jadi, lebih baik gantung baju di tempat yang teduh dan berangin alami untuk mengeringkannya. Jika teman-teman tidak memiliki ruang untuk menggantung baju, gunakan pengaturan suhu rendah pada mesin pengering dan batasi durasi waktu pengeringan baju.

BACA JUGA:Wanita Wajib Menyimak, Buya Yahya Jelaskan Kebodohan yang Menyebabkan Hancurnya Rumah Tangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: