Sakit Tenggorokan Termasuk Tanda Sedang Hamil?

Sakit Tenggorokan Termasuk Tanda Sedang Hamil?

wanita hamil terkadang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung menurun, sehingga lebih rentan mengalami gejala sakit tenggorokan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu merasa tenggorokan terasa tak nyaman dan bertanya-tanya. Apakah ini mungkin pertanda awal kehamilan? Meski terdengar aneh, namun percayalah kalau tubuh manusia punya cara unik untuk memberi tahu kita kalau ada perubahan didalamnya.

Ada banyak wanita yang merasa sakit tenggorokan saat awal kehamilan. Meski terdengar tidak terkait, hal ini bisa jadi merupakan salah satu sinyal yang tidak biasa, lho. Maka dari itu, yuk kita kupas tuntas pembahasan mengenai sakit tenggorokan di bawah ini.

BACA JUGA:Sakit Radang Tenggorokan Bolehkah Minum Es?

Tidak, sakit tenggorokan bukanlah tanda pasti kehamilan.

Meskipun banyak wanita hamil mengalami sakit tenggorokan pada trimester awal, ini tidak dapat dijadikan sebagai tanda pasti kehamilan. Sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, atau perubahan dalam kondisi kesehatan tubuh yang tidak terkait dengan kehamilan.

Namun, wanita hamil terkadang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung menurun, sehingga lebih rentan mengalami gejala sakit tenggorokan. Penting untuk diingat bahwa tes kehamilan atau konsultasi dengan dokter adalah cara yang lebih akurat untuk memastikan kehamilan.

BACA JUGA:Biar Gak Asal, Begini Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Penyebab Sakit Tenggorokan saat Hamil
Berikut adalah penyebab sakit tenggorokan pada ibu hamil yang sebaiknya kamu ketahui:

Turunnya kekebalan tubuh ibu hamil: Tubuh ibu hamil rentan terinfeksi virus atau bakteri, termasuk yang menyebabkan sakit tenggorokan. Ini artinya, radang yang dialami ibu hamil disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
Maag: Salah satu tanda-tanda hamil yang bisa memicu terjadi peradangan pada tenggorokan adalah naiknya asam lambung.
Mual dan muntah: Salah satu tanda-tanda kehamilan yang banyak dirasakan oleh ibu hamil adalah sensasi mual hebat hingga muntah. Muntah dapat menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan sehingga bisa menyebabkan radang di tenggorokan. Mual saat hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh.

BACA JUGA:Agar Tak Bosan Dengan Tampilan HP Realme Kalian, Begini Tips dan Trik Mengubah Tampilan Aplikasi di HP Realme

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Hamil
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan mengatasi sakit tenggorokan dengan cara yang aman untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

Berkumur dengan air garam. Cara membuatnya mudah, yaitu dengan mencampur segelas air hangat dengan satu sendok teh garam.
Memperbanyak minum air putih untuk mencegah tenggorokan kering atau bisa juga dengan minum teh herbal untuk menenangkan tenggorokan yang meradang.
Untuk meningkatkan sistem imun, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Sanksi Jika Tidak Bayar Utang Pinjol

Namun jika rasa sakit tenggorokan tak kunjung mereda dalam waktu tiga hari, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang tepat disesuaikan dengan kondisi kehamilanmu.

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan cara mengatasi sakit di tenggorokan pada ibu hamil, kini saatnya bagi kamu mengetahui jawaban dari pertanyaan seputar radang di tenggorokan berikut ini.

BACA JUGA:Didatangi Debt Collector? Cek Dokumen yang Harus Mereka Bawa

Kenapa ibu hamil sering sakit tenggorokan?

Saat terjadi kehamilan, secara otomatis sistem imun pada tubuh wanita akan menurun. Hal ini membuat tubuh rentan terinfeksi bakteri atau virus, termasuk yang menyebabkan radang tenggorokan. Selain itu gejala awal kehamilan seperti muntah bisa membuat asam lambung naik hingga ke tenggorokan dan menimbulkan peradangan.Pada kehamilan trimester ketiga, biasanya wanita mengalami sesak napas. Secara tak langsung hal ini menyebabkan ibu hamil mengalami radang pada tenggorokan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: