Masih Jarang Dikonsumsi, Ketahui 8 Manfaat Sayur Kailan untuk Kesehatan

Masih Jarang Dikonsumsi, Ketahui 8 Manfaat Sayur Kailan untuk Kesehatan

Kailan (Brassica oleracea L. alboglabra) merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga kubis yang biasanya ditemukan di Cina dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.-Pinterest -

Hal ini karena folat diketahui dapat mendukung pembelahan sel dan pertumbuhan jaringan, serta pembentukan sistem organ janin, seperti otak dan tulang belakang. 

Dengan begitu, risiko terjadinya cacat lahir, terutama anensefali dan spina bifida, pada bayi dapat dikurangi.

BACA JUGA:Inilah 7 Penyebab Sariawan pada Anak yang Perlu Diketahui

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kadar asam amino homosistein yang tinggi dalam darah dikaitkan dengan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. 

Hal ini karena kelebihan homosistein dapat mengeraskan dinding pembuluh darah dan menyebabkan darah lebih mudah menggumpal, sehingga menyumbat pembuluh darah.

Nah, mengonsumsi kailan diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena kailan mengandung folat, yaitu vitamin yang dapat membantu tubuh memecah dan menurunkan kadar homosistein dalam darah. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung pun bisa dikurangi.

8. Menurunkan risiko terkena kanker

Kailan memiliki manfaat dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan glakusinolat dan antioksidan dalam kailan yang mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

BACA JUGA:Makanan-makanan yang Jadi Sumber Penyakit, Dr Zaidul Akbar: Bisa Menggangu Kesuburan Wanita

Selain itu, kandungan antioksidan, terutama klorofil, dalam kailan juga dapat menghambat penyerapan aflatoksin (gen penyebab kanker) di usus serta mencegah kerusakan gen.

Itulah manfaat daun kailan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Sebagian besar orang biasanya mengolah kailan dengan cara digoreng hingga crispy atau ditumis dengan campuran sedikit bawang putih dan penyedap lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: