Masih Jarang Dikonsumsi, Ketahui 8 Manfaat Sayur Kailan untuk Kesehatan

Masih Jarang Dikonsumsi, Ketahui 8 Manfaat Sayur Kailan untuk Kesehatan

Kailan (Brassica oleracea L. alboglabra) merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga kubis yang biasanya ditemukan di Cina dan beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.-Pinterest -

Mengutip American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan seseorang mengalami rabun senja atau kesulitan melihat di malam hari. 

Vitamin A berperan penting untuk memproduksi pigmen rhodopsin, yaitu pigmen di retina yang berfungsi untuk membantu Anda melihat di dalam lingkungan yang gelap. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

3. Meningkatkan proses detoksifikasi racun di hati

Berkat kandungan klorofil di dalamnya, mengonsumsi kailan secara rutin diketahui dapat meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan tubuh dari kotoran, racun, dan zat lain yang dapat membahayakan kesehatan. Proses inilah yang disebut sebagai detoksifikasi hati.

4. Mencegah sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar. Salah satu penyebab kondisi ini adalah akibat kurangnya konsumsi serat. 

Nah, sayur kailan mengandung serat yang bermanfaat untuk membantu mencegah sembelit. Kandungan serat pada sayur hijau ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan melunakkan feses yang keras agar lebih mudah untuk dikeluarkan. 

5. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam fenolik seperti kailan juga baik untuk penderita diabetes tipe 2. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

Hal ini karena asam fenolik dipercaya mampu mencegah pemecahan pati menjadi gula, sehingga menurunkan risiko terjadinya lonjakan gula darah pada penderita diabetes tipe 2, terutama setelah makan.

Selain itu, asam fenolik juga mampu merangsang produksi insulin dan meningkatkan fungsinya, sehingga kadar gula darah pun tetap stabil.

6. Mencegah terjadinya kelainan bawaan lahir pada janin

Kandungan folat dalam kailan bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kelainan bawaan lahir pada janin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: