5 Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil yang Tidak Berputar

5 Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil yang Tidak Berputar

Cara mengatasi kipas radiator yang tidak berputar-Pinterest -

Tugas sensor suhu adalah mendeteksi temperatur air pendingin lalu meneruskan informasi tersebut ke Unit Kontrol Mesin (ECU). ECU akan memberikan perintah kepada kipas untuk berputar jika suhu terlalu tinggi. Sebaliknya, ECU memerintahkan kipas radiator berhenti saat suhu air pendingin pada titik optimalnya.

4. Periksa kondensor AC

Kondensor AC berfungsi mendinginkan refrigeran yang sudah dikompresi dan dipanaskan kompresor AC. Kerusakan pada kondensor menyebabkan suhu refrigeran sangat tinggi sehingga kipas radiator berputar terus menerus dan memicunya untuk mati.

5. Lakukan perbaikan relay motor

Saat kipas radiator mobil tidak berputar, penyebabnya kemungkinan ialah kerja relay yang motor bermasalah. Cek bagian tersebut memakai avometer untuk melihat kinerjanya. Jika masih berfungsi, berarti penyebab kipas radiator mobil tidak berputar saat berhenti terdapat pada komponen lain.

BACA JUGA:Tips Menjaga Body Mobil Agar Tetap Mulus dan Kinclong

6. Lakukan perbaikan sekring kipas

Jika kipas radiator mobil tidak berputar akibat korsleting, ada masalah di bagian sekring. Tugas sekring ialah sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Saat terjadi korsleting, sekring akan rusak sehingga perlu dilakukan pergantian.

7. Ganti carbon brush

Carbon brush akan aus seiring dengan seringnya penggunaan kipas radiator. Sikat arang ini adalah komponen yang berguna mengalirkan arus listrik antara bagian motor yang diam dan berputar. Jika sudah aus dan rusak, lakukan penggantian. 

Nah, itulah sejumlah cara mengatasi kipas radiator pada mobil yang tidak dapat berputar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemerikasaan dan perawatan terhadap kipas radiator secara berkala agar komponen tersebut lebih awet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: