Simak 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Simak 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kacang kedelai dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan yang dapat diolah menjadi makanan yang sehat seperti dioleh menjadi sayur, tempe, tahu, tepung, minyak, dan minuman kedelai yang kaya akan nutrisi. 

Tak heran kacang kedelai menjadi salah satu jenis polong-polongan yang tak dapat lepas dari kehidupan sehari-hari. Di balik bentuknya yang kecil, manfaat kacang kedelai untuk kesehatan tubuh rupanya begitu besar. 

Hal ini dikarenakan kacang kedelai mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tak hanya menyehatkan, kacang kedelai juga mudah diperoleh dan bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat.

Dengan diolah menjadi sumber kebutuhan energi sehari hari, hampir semua bahan-bahan makanan yang terbuat dari olahan kacang kedela dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kacang kedelai untuk kesehatan? Yuk, simak dan cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Ingin Gatal-gatal Hilang Tanpa Digaruk, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Sederhananya

Kacang kedelai memiliki beragam nutrisi seperti protein, karbohitdrat, lemak, serat, kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin A. Selain itu, kacang kedelai juga diketahui mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, kacang kedelai sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Kacang kedelai juga umum dikonsumsi sebagai susu kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang kedelai yang sayang jika dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan tulang dan sendi 

Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang dan sendi. Kandungan kalsium dalam susu kedelai memang tidak sebanyak pada susu sapi, tapi bukan berarti kedelai tidak dapat memelihara kesehatan tulang. 

Kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Konsumsi kedelai secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan tulang. 

BACA JUGA:Dapat Mencegah Risiko Penyakit Kronis, Kenali 5 Manfaat Andaliman Rempah Dapur Khas Sumatera Utara

Selain itu, kacang kedelai yang mengandung isoflavon ini juga dipercaya dapat memelihara sendiri dan mengatasi gejala radang sendi.

2. Meringankan gejala menopause

Gejala menopause juga bisa diringankan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung fitonutrien, salah satunya adalah kacang kedelai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: