4 Makanan Ini Bagus di Konsumsi saat Ramadhan, dr Zaidul Akbar: Membantu Meembersihkan Lambung Saat Puasa

4 Makanan Ini Bagus di Konsumsi saat Ramadhan, dr Zaidul Akbar: Membantu Meembersihkan Lambung Saat Puasa

dr Zaidul Akbar bagikan 4 jenis makanan yang cocok di konsumsi selama ramadhan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Ingin Minuman Sehat dan Menyegarkan Saat Buka Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

3. Air Kelapa

Air kelapa, yang terlindungi oleh lapisan sabut, cangkang, dan kulit, merupakan anugerah dari Allah yang sangat berharga.

"Kenapa dilindungi, jika tidak, kena oksigen langsung oksidasi, fermentasi, waktu terbaik untuk diminum, yakni ketika dipetik, ketika putus, buka langsung, jangan disimpan," papar dr Zaidul Akbar.

Menurut dr Zaidul Akbar, air kelapa yang paling baik adalah yang berasal dari kelapa yang masih muda atau belum matang sepenuhnya.

Namun, terkadang ada orang yang merasa lemas setelah meminum air kelapa, hal ini mungkin disebabkan karena tubuh kesulitan dalam mencerna air kelapa tersebut akibat dari pola makan yang tidak sehat selama ini.

"Bagaimana untuk menyeimbangkan? kasih mineral, dari garam, tapi jangan pakai garam rafinasi, garam laut mineral, himalaya, gitu," papar dr Zaidul Akbar.

Air kelapa dapat disajikan dengan tambahan kurma dan madu untuk melengkapi nutrisi lainnya, dan kombinasi ini dapat membantu mengenyangkan tubuh.

Selain itu, untuk menekan rasa lapar, dr Zaidul Akbar menjelaskan bahwa ada beberapa bahan yang bisa diminum, termasuk kopi pahit, teh hijau, kayu manis, dan air putih.

4. Beras organik

Beras organik memiliki karakteristik tidak terkontaminasi oleh pestisida, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Diminum Saat Sahur, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

BACA JUGA:Ternyata Puasa Ramadhan Bisa Mengilangkan 13 Penyakit Ini, dr Zaidul Akbar Jelaskan Syaratnya

Beras mentah bisa diolah dengan cara ditambahkan air lalu diblender hingga halus seperti tepung. Setelah itu, bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil seukuran telur dan dimasukkan ke dalam santan.

"Berlumur santan, topingannya bisa dikasih madu, itu dua butir kenyangnya minta ampun, yang terjadi? itu adalah makanan yang sangat menguatkan jantung," jelas dr Zaidul Akbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: