Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Diminum Saat Sahur, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Diminum Saat Sahur, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

dr Zaidul Akbar jelaskan asalan kopi dan teh sebaiknya tak diminum saat sahur-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kopi dan teh adalah minuman favorit bagi banyak orang, tetapi disayangkan, mereka tidak disarankan untuk dikonsumsi selama sahur.

Kopi dan teh sering dianggap sebagai booster yang efektif, sehingga tidak jarang Kopi dan teh dijadikan sebagai salah satu menu pendamping selama sahur.

BACA JUGA:Ternyata Puasa Ramadhan Bisa Mengilangkan 13 Penyakit Ini, dr Zaidul Akbar Jelaskan Syaratnya

BACA JUGA:Beresiko Bagi Kesehatan, dr Zaidul Akbar Sarankan Tak Berbuka dengan Makanan Ini

Namun, menurut ahli kesehatan dan pendakwah, dr Zaidul Akbar, sebenarnya tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi atau teh saat sahur.

dr Zaidul Akbar kemudian mendorong untuk memperbaiki pilihan minuman saat sahur yang mungkin selama ini kurang tepat.

Hal tersebut disampaikan oleh dr Zaidul Akbar dalam suatu kesempatan yang diunggah oleh Instagram JSR Store.

"Buat ibu-ibu yang suka siapin kopi ataupun teh buat penutup sahur harus dirombak lagi menu sahurnya," sampai dr Zaidul Akbar.

Menurut dr Zaidul Akbar, alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, mengonsumsi teh atau kopi dapat mengurangi produksi air liur. Air liur memiliki peran penting dalam membersihkan bakteri di mulut.

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa Sehat dan Mengenyangkan, Berikut Tips dan Rahasia dari dr Zaidul Akbar

Ketika teh atau kopi dikonsumsi saat sahur, minuman tersebut dapat mengurangi produksi air liur di mulut, menyebabkan mulut menjadi kering. Kondisi mulut yang kering meningkatkan risiko bau mulut saat berpuasa.

"Air liur di mulut fungsinya bersihin bakteri di dalam mulut, sementara kafein di kopi dan teh mengurangi produksi liur, bikin mulut jadi kering, kalau udah gini bisa gampang bau mulut nanti pas puasa," tambah dr Zaidul Akbar.

Sebaliknya, dalam anjuran dari dr Zaidul Akbar, disarankan untuk mengganti konsumsi kopi atau teh saat sahur dengan memperbanyak konsumsi air putih atau teh hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: