Jangan Sering Buka Puasa dengan Jus Buah, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

Jangan Sering Buka Puasa dengan Jus Buah, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

dr Zaidul Akbar jelaskan alasan kenapa kita jangan sering buka puasa dengan jus buah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Beresiko Bagi Kesehatan, dr Zaidul Akbar Sarankan Tak Berbuka dengan Makanan Ini

Namun, dr Zaidul Akbar tidak merekomendasikan untuk mengonsumsi alpukat dalam bentuk jus. Sebaliknya, beliau menyarankan untuk mengurangi konsumsi jus buah secara umum.

"Enggak usah di jus, mulai biasakan makan itu dikunyah, jangan dikit-dikit dijus," kata dr Zaidul Akbar.

"Boleh dijus, tapi kalau saya lebih senang dimakan," tambah dr Zaidul Akbar. 

Ada alasan di balik anjuran tersebut, karena menurut dr. Zaidul Akbar, mengonsumsi jus buah dapat memiliki efek berbahaya. Konsumsi jus buah ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

"Kalau dijus gulanya naik," terang dr Zaidul Akbar.

Terutama jika jus buah dikonsumsi saat berbuka puasa, di mana tubuh sebelumnya telah kekurangan gula, asupan gula berlebihan dari jus buah bisa menjadi masalah.

Dengan demikian, jika terlalu sering berbuka puasa dengan asupan gula berlebihan, hal ini dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh dalam jangka waktu yang lama.

"Satu atau dua jeruk yang anda makan dikunyah mulut dengan dijus di blender, beda nasib gulanya ketika masuk ke tubuh anda," papar dr Zaidul Akbar.

dr Zaidul Akbar mengingatkan kita bahwa sesekali minum jus buah masih diperbolehkan, tetapi sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan, terutama dengan menambahkan gula pasir pada buah yang sudah manis.

BACA JUGA:Agar Tubuh Tetap Sehat dan Semangat untuk Puasa, dr Zaidul Akbar Sarankan Hindari 5 Makanan Ini

BACA JUGA:Agar Kuat Puasa Ramadhan, Termasuk untuk Ibu Menyusui, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

"Mangkanya jangan sering-sering jus buah, sekali-kali silakan, apalagi jika buahnya sudah manis jangan tambah manis lagi dengan gula pasir," demikian dr Zaidul Akbar.

Itulah penjelasan dr Zaidul Akbar tentang alasan kenapa kita jangan sering-sering buka puasa dengan jus buah. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: