Jangan Panik Haid saat Mudik! Ini Cara Menjaga Miss V Tetap Bersih

Jangan Panik Haid saat Mudik! Ini Cara Menjaga Miss V Tetap Bersih

Meskipun kamu sedang mudik, cobalah membawa atau singgah sejenak ke supermarket atau minimarket yang menjual buah dan produk segar lainnya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Haid saat mudik bisa menjadi hal yang cukup merepotkan, apalagi diiringi dengan nyeri yang membuatmu tak nyaman atau bahkan gejolak hormon yang tidak stabil. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri Haid saat mudik dan menjaga MIss V tetap bersih? Yuk, simak artikel ini! Nyeri Haid saat mudik tak bisa dihindari. Berikut cara mengatasi nyeri Haid saat mudik yang bisa kamu lakukan!

BACA JUGA:Ide Hiasan Meja Lebaran, Bikin Suasana Lebih Hangat dan Estetik

1. Pilih makanan tinggi serat dan lemak Esensial
Selama menstruasi, kamu sebaiknya menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Meskipun kamu sedang mudik, cobalah membawa atau singgah sejenak ke supermarket atau minimarket yang menjual buah dan produk segar lainnya.

2. Buat tubuh tetap terhidrasi
Minum air yang cukup selama menstruasi dapat membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Karena saat haid kamu berhalangan untuk puasa, cobalah untuk memenuhi asupan air saat mudik.

3. Konsumsi vitamin D
Vitamin D dapat mengurangi produksi prostaglandin yang dapat menyebabkan kram menstruasi. Suplemen vitamin D bisa menjadi bekal selama perjalanan mudik untuk mengurangi kram.

BACA JUGA:Doa Saat Mudik, Agar Diberi Kemudahan dan Keselamatan dalam Perjalanan

4. Mandi air hangat
Mandi air hangat dapat mengurangi nyeri haid. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantalan hangat untuk meredakan kram.

5. Minum air rebusan Jahe atau kayu manis
Minumlah secangkir air rebusan kayu manis atau jahe dapat meredakan rasa nyeri haid saat mudik yang membuatmu tak nyaman selama perjalanan. Air rebusan jahe mengandung antiinflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit. Jika tak ingin repot, kamu bisa membeli minuman kemasan versi sachet dan menyeduhnya dengan air panas ketika berhenti di rest area.

6. Siapkan pembalut
Walau kamu mungkin tidak haid saat mulai perjalanan mudik, usahakan untuk menyiapkan pembalut yang selalu dibawa ke mana pun sehingga kalau haid tiba-tiba datang, kamu tidak panik lagi.

BACA JUGA:Pilih Mana, Kaca Film LLumar vs Solar Gard?

Menjaga Miss V tetap bersih saat mudik
Setelah tahu cara mengatasi nyeri haid saat mudik, selanjutnya kamu perlu mengetahu juga cara menjaga Miss V tetap bersih saat mudik. Apa sajakah itu?

1. Selalu bawa sabun atau hand sanitizer
Pastikan tangan selalu bersih sebelum membersihkan atau menyentuh area kewanitaan. Coba bawa pouch dengan ukuran travel size yang berisi sabun cair atau hand sanitizer. Ini akan berguna jika kamu berada di tempat yang tak menyediakan sabun.

2. Bawa tisu basah dan kering
Toilet umum meskipun kelihatan bersih, tetapi penuh dengan kuman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa tisu basah dan kering sendiri untuk menghindari kontaminasi bakteri dan virus.

BACA JUGA:Mini Morris, Si Mungil yang Ikonik dan Klasik

3. Jaga tubuh tetap terhidrasi
Pastikan kamu tetap terhidrasi terutama jika kamu melakukan banyak aktivitas fisik selama mudik atau merasa kepanasan.

4. Sediakan pembalut yang bersih
Pastikan untuk membawa persediaan pembalut yang banyak selama kamu haid saat mudik. Kalau perlu, bawa juga obat untuk meredakan rasa nyeri haid tak tertahankan yang mungkin kamu butuhkan saat mudik.

5. Potong dan jaga kebersihan kuku
Kuku yang panjang dan tak diperhatikan kebersihannya dapat menjadi kendaraan bagi banyak penyakit menular yang mematikan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menjaga kebersihan kuku selama haid saat mudik untuk mencegah penyakit.

Itulah cara mengatasi nyeri haid saat mudik serta menjaga Miss V tetap bersih saat mudik. Organ intim dan tubuh yang sehat tentunya akan membuat perjalanan mudikmu lebih aman dan nyaman. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: