Mini Morris, Si Mungil yang Ikonik dan Klasik

Mini Morris, Si Mungil yang Ikonik dan Klasik

Harga mobil Mini Morris biarpun keluaran lama tapi di pasaran harganya masih dipatok tinggi.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Buat sebagian orang bisa punya mobil yang klasik bisa jadi kebanggaan tersendiri biarpun harganya sama sekali nggak murah. Alasan mobil klasik banyak diminati ada beragam. Mulai karena faktor sejarah atau nostalgia, punya nilai unik, modelnya simpel, ringkas dan nggak rumit, lebih irit, nggak banyak orang memilikinya sampai tampilannya yang keren.

Salah satu mobil klasik yang sampai sekarang nggak pernah sepi peminat adalah Mini Morris. mobil asal pabrikan Inggris ini memang punya banyak keunggulan yang bikin banyak pencinta otomotif rela merogoh kocek lebih dalam untuk memilikinya. Biar nggak penasaran, spesifikasi Mini Morris beserta kelebihan dan kekurangannya bisa disimak.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Merek Ban Mobil yang Bagus dan Tahan Lama

Waktu Rilis Mini Morris
Mobil mini yang identik dengan mobil yang biasa dikendarai Mr. Bean adalah British Leyland Mini 1000 atau populer dengan nama Mini Morris. Merupakan kendaraan bikinan pabrikan asal Inggris yakni British Motor Corporation (BMC) yang pertama kali diproduksi pada 1959 dengan mesin berukuran 848 cc dan transmisi manual 4 kecepatan.

Mini Morris tercipta sebagai mobil yang ringkas sekaligus irit nggak lepas karena dampak terjadinya krisis pada akhir 50-an. Yang mana pada masa itu diberlakukan penjatahan BBM di negara-nefara Eropa. Mengusung desain city car mungil yang hanya bisa menampung empat orang, Mini Morris nggak butuh waktu lama langsung banyak diminati.

BACA JUGA:Tiket Mudik Lebaran Ludes Terjual, Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan

Walaupun produksi Mini Morris sudah dihentikan lantaran BMC menjadi bagian dari BMW Group, tapi generasi penerusnya yakni Mini Cooper punya bentuk dasar nggak beda jauh dengan Mini Morris. Tetap menonjolkan sisi klasiknya.

Fitur Menarik/Unggulan Mini Morris
Oleh karena termasuk mobil klasik maka fitur yang disematkan pada mobil Mini Morris tergolong minim. Contohnya dilengkapi transmisi manual 4 kecepatan, penggerak roda depan dan suspensi khusus. Sementara fitur keselamatan ada pengereman ganda dan pengereman ABS. Pada sisi hiburan, ada sistem audio yang bisa bikin perjalananmu lebih menyenangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Mini Morris
Selain fitur menarik yang disematkan pada mobil Mini Morris, mengintip kelebihan dan kekurangannya juga nggak kalah menarik. Berikut kelebihan dan kekurangan Mini Morris.

BACA JUGA:Wanita Haid Tetap Bisa Mendapatkan Pahala Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Caranya

Kelebihan Mini Moris

Desain Ringkas
Mini Morris memang didesain sebagai mobil yang ringkas, nggak rumit tapi tetap menarik. Contohnya Mini 1000 Mark III, pakai konsep hatchback dua pintu, punya dimensi 3 x 1.5 x 1.3 m dan bobotnya saat dalam keadaan kosong 617 kg. Kabinnya mungil selebar 1.1 m tapi dengan ruang kaki yang cukup lebar dan dilengkapi bagasi dengan dimensi 1 x 0.5 x 0.4 m.

Untuk menambah kesan unik dan klasik, Mini Morris dilengkapi headlamp berbentuk bulat. Ada juga nuansa chrome di bagian depan, samping dan belakang yang oke dikombinasikan dengan grille depan berukuran besar.

Kabin Cukup Lapang
Nggak hanya tampilan luarnya yang menarik, namun Mini Morris juga punya desain kabin yang cukup lapang. Jadi walaupun ukurannya mungil dengan kabin yang cukup lapang membuat pengguna lebih nyaman saat berkendara.Kabin Mini Morris bisa muat untuk 4 orang dewasa atau bisa juga 5 penumpang dengan proporsi 4 orang dewasa dan 1 orang anak-anak. Masih oke-lah untuk keluarga kecil.

BACA JUGA:Mau Kirim Uang THR Untuk Keluarga Dari Luar Negeri Lewat Aplikasi DANA, Bisa Kok Begini Caranya!

Interior Klasik
Seperti sudah disebut sebelumnya mobil Mini Morris dirancang sebagai mobil yang ringkas dan nggak neko-neko. Namun sebetulnya justru disitulah kelebihannya. Jadi interior Mini Morris buat sebagian orang mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun bagi sebagian orang lainnya akan terlihat istimewa karena kesan klasiknya terasa banget.

Contohnya, setiap pintu untuk mengatur jendela kaca dilengkapi tuas putar dan terdapat tempat sampah mungil. Sementara setiap sisi jok dilengkapi bantalan untuk meletakkan siku. Kesan klasik juga langsung terlihat di bagian depan karena tuas kemudi ukurannya besar yang dilengkapi speedometer.

Peforma Mantap
Nggak hanya tampilannya yang klasik sekaligus keren, Mini Morris walaupun termasuk mobil mungil tapi punya performa yang oke, lho. Mobil dua pintu yang pakai sistem kemudi FWD  (Four Wheel Drive) ini punya transmisi empat kecepatan yang mampu digeber sampai kecepatan maksimal 128 km/jam. Kemampuan akselerasinya juga nggak bikin kecewa, karena si mungil yang menggendong mesin BMC Austin A-Series 998 cc dengan 4 silinder sanggup berlari dari kecepatan 0 sampai 100 km/jam dalam waktu kurang dari 20 detik.

BACA JUGA:Tips Memilih Sound System Mobil yang Keren dan Cara Merawatnya

Hemat Bahan Bakar
Salah satu daya tarik dari Mini Morris yang bikin banyak orang ingin memilikinya adalah hemat bakar. Sebab untuk menempuh jarak 100 km,  si mungil ini hanya membutuhkan bensin 7.8 liter. Dengan pemakaian bahan bakar yang hemat tentu bisa lebih menghemat pengeluaran, kan?

Kekurangan Mini Morris

Minim Fitur
Fitur yang disematkan pada Mini Morris termasuk biasa saja karena memang mobil ini adalah mobil klasik. Apalagi pada 1959 teknologi belum berkembang seperti sekarang. Jadi buat kamu yang suka mobil yang dilengkapi fitur-fitur modern, mungkin hal ini bisa dijadikan pertimbangan.

Spare Part Langka
Oleh karena tahun produksinya yang sudah lama, maka sparepart-nya pun terbilang susah ditemukan. Kalau pun ada, dipatok dengan harga tinggi.  Jadi buat yang ingin meminang mobil ini kudu siap bujet lebih untuk perawatannya.

BACA JUGA:Ini Dia Aksesoris Mobil yang Membuat Perjalanan Mudik Semakin Nyaman

Harga Mini Morris
Harga mobil Mini Morris biarpun keluaran lama tapi di pasaran harganya masih dipatok tinggi. Apalagi Mini Morris termasuk mobil yang banyak diburu kolektor mobil klasik.Contohnya, Mini Morris 1951 dijual seharga Rp 620.000.000 sampai 650.000.000. Sementara Mini Morris keluaran 1982 sekitar Rp 400.000.000 – Rp 450.000.000.Itulah spesifikasi Mini Morris, fitur menarik yang disematkan, kelebihan dan kekurangannya beserta kisaran harganya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: