Mengapa Saat Puasa Kita Mudah Sembelit? Hindari Makanan Dan Minuman Penyebab Sembelit Saat Puasa

Mengapa Saat Puasa Kita Mudah Sembelit? Hindari Makanan Dan Minuman Penyebab Sembelit Saat Puasa

Jenis makanan dan minuman penyebab sembelit-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan puasa, sebagian orang akan menjalani pola makan yang berbeda dari sebelumnya. Hal tersebut menjadi penyebab munculnya masalah pencernaan salah satunya sembelit

Namun begitu, tak dapat dipungkiri lagi jika, bulan Ramadan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Tentunya mengalami sembelit saat puasa tentu bukan hal yang menyenangkan dan sangat mengganggu.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, masalah ini bisa saja tidak terjadi bila kamu  mengatur jenis makanan yang dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

Nah, untuk mencegah sembelit, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari atau batasi. Pasalnya, jika makanan-makanan tersebut terus dikonsumi, bisa jadi nanti akan menimbulkan masalah pencernaan lainnya. 

BACA JUGA:Cokelat Pilihan Menu Berbuka yang Mengandung Ragam Manfaat untuk Tubuh

Makanan Dan Minuman Penyebab Sembelit 

Adapun jenis makanan dan minuman penyebab sembelit saat puasa sebagai berikut ini.

1. Makanan Tinggi Lemak

Jenis makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan dengan kandungan tinggi lemak. Lemak adalah kandungan yang proses dicernanya lebih lambat dibandingkan dengan protein dan karbohidrat.

Sehingga, konsumsi makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh, dapat memperlambat pergerakan usus dalam mendorong feses.

Hal ini bisa menyebabkan feses menjadi lebih padat dan sulit dikeluarkan.

Beberapa contoh makanan tinggi lemak jenuh yang sebaiknya dibatasi selama puasa adalah daging berlemak, seperti daging sapi giling berlemak, iga sapi, hingga kulit ayam.

Selain itu, beragam jenis gorengan seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng serta makanan cepat saji, juga harus dihindari atau dibatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: