Tidak Hanya Soal Kebocoran, Kenali Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

Tidak Hanya Soal Kebocoran, Kenali Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

Menjadi seorang pemilik mobil, ada baiknya Anda selalu mengecek setiap komponen mesin mobil seperti mengecek oli mobil Anda.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Merawat mobil menjadi salah satu kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan agar mobil tersebut tetap memiliki performa yang baik dan prima. Salah satu perawatan mobil yang cukup penting dilakukan yaitu ganti oli mobil secara rutin. Selain membuat performa mobil lebih prima, mengganti oli pada mobil juga dapat menjaga komponen mobil tetap awet dan bekerja dengan baik.

BACA JUGA:Sama-sama Miliki Desain Retro Modern, Inilah Perbedaan Honda Stylo 160 Vs Yamaha Grand Filano

Penyebab oli mesin cepat habis bisa karena berbagai faktor yang harus Anda ketahui jika tidak mau komponen mesin tersebut jebol. Selain mengurangi gesekan, oli mesin mobil juga berfungsi membersihkan kerak sekaligus mendinginginkan suhu mesin.

Bukan cuma itu, oli mesin berguna untuk menjaga performa mobil supaya tenaga yang dihasilkan tetap optimal. Tak sedikit pengguna mobil khususnya Motuba alias Mobil Tua Bangka mengalami kasus kehabisan oli mesin. Untuk mengetahui gejala apa yang menyebabkan oli mesin cepat habis, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Doa dan Amalan Cepat Mendapatkan Jodoh, Jomblo Wajib Mengamalkan

Tanda Oli Mesin Mobil Berkurang

1. Mobil keluar asap berwarna biru
Sebelum mengetahui hal apa saja yang menyebabkan Oli Mesin cepat habis, ketahui lebih dulu tandanya. Umumnya mobil berbahan bakar bensin tidak mengeluarkan asap berwarna biru.Jika ditemui kasus mobil bensin mengeluarkan asap berwarna biru, bisa dipastikan Oli Mesin masuk ke dalam ruang pembakaran yang mengakibatkan oli terus berkurang.

BACA JUGA:Nostalgia Motor Jadul Suzuki TF 125, Motor Bergaya Trail Cocok Diajak ke Kebun

2. Lampu Indikator Oli Mesin Menyala
Normalnya lampu indikator oli mesin pada panel instrument akan padam setelah mesin dihidupkan. Jika lampu indikator oli mesin terus menyala meski dalam kondisi mesin hidup, bisa dipastikan volume oli berkurang.

3. Suhu Mesin Cepat Panas
Suhu mesin mobil cepat panas tanda lain oli mesin berkurang. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, oli mesin mempunyai zat yang mampu mendinginkan suhu mesin. Apabila volumenya berkurang, maka suhu panas mesin akan lebih cepat naik.

BACA JUGA:Gunakan Knalpot Brong, Sat Lantas Polres Rejang Lebong Amankan 7 Kendaraan

4.  Volume Oli pada Dipstick di Bawah Garis "L"
Dipstick oli kerap kali digunakan sebagai paramter untuk mengetahui ketersediaan jumlah oli di dalam mesin. Apabila terlihat volume oli yang terus menyusut pada dipstick hingga di bawah garil 'L', hal tersebut merupakan pertanda oli mesin berkurang.

Penyebab Oli Mesin Cepat Habis

1. Kerusakan Seal Klep dan Dinding Liner Silinder Baret
Oli yang masuk ke dalam ruang bakar bisa disebabkan rusaknya seal klep serta dinding liner silinder yang baret. Dengan begitu oli mesin akan cepat berkurang karena ikut terbakar bersama dengan bensin.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Pilihan Obat Nyeri Otot dan Sendi yang Ampuh di Toko Obat

2. Packing Carter Pecah
Carter merupakan wadah yang berfungsi untuk menampung oli mesin. Sebelum diikatkan kepada mesin, carter membutuhkan packing guna mencegah oli keluar dari mesin. Packing carter yang pecah atau rusak akibat usia pemakaian dapat mengakibatkan oli berkurang. Hal ini bisa terlihat dari banyakanya sisa oli di bagian bawah mesin.

3. Kerusakan pada PCV Valve
Sebagaimana fungsinya PCV (Positive Crankcase Ventilation) Valve mengatur aliran gas buang dari ruang bakar ke crankcase. Apabila PCV valve rusak, tekanan dalam mesin akan meningkat dan bisa menyebabkan oli mesin bocor sehingga volumenya berkurang.Jika sudah begitu, ada baiknya sesegera mungkin mengganti PCV Valve karena akan berpengaruh terhadap performa mesin.

BACA JUGA:Benarkah Minum Kopi Bisa Memicu Vertigo?

4. Telat Mengganti Oli Mesin Mobil
Tak sedikit pemilik mobil yang tahu bahwa telat mengganti oli mesin akan menyebabkan volumenya berkurang. Karenanya oli yang lama tidak dilakukan penggantian akan kehilangan efektivitasnya sehingga mudah menguap.

Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: