Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Oli yang menumpuk akan menimbulkan kerak karbon atau kerak oli-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Agar mesin dapat bekerja dengan baik, mesin mobil membutuhkan pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin. 

Oli mesin juga mampu menghindari panas berlebih yang terjadi akibat gesekan antar komponen. Meskipun demikian, oli pada mesin seringkali menempel pada sela-sela komponen. 

Oli yang menumpuk akan menimbulkan kerak karbon atau kerak oli. Hal ini biasanya disebut juga sebagai oil sludge atau gumpalan oli. Selain sisa-sisa oli yang menempel, penumpukan kerak oli bisa terjadi akibat pembakaran yang tidak sempurna. 

Hal ini bisa terjadi karena kualitas bahan bakar yang buruk, atau kotoran yang masuk ke dalam ruang mesin dan mengendap.

BACA JUGA:Sering Terabaikan, Begini Cara Merawat Kap Mobil agar Mesin Tetap Terlindungi

Adanya kerak oli tentu dapat berdampak buruk terhadap kondisi mesin. Berikut ini merupakan hal yang bisa terjadi akibat penumpukan kerak oli pada mesin mobil

Oleh karena itu penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan kerak oli yang menempel pada mesin mobil. Berikut langkah dan cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan oli yang menempel pada mesin mobil.  

1. Menyiapkan Peralatan Pembersih Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak membersihkan mesin mobil adalah menyiapkan peralatan. Ada beberapa alat yang bisa digunakan, yaitu spons, sikat, selang, air bersih, ember, kuas, lap microfiber, dan lap plas chamois.

Alat tersebut tersebut dapat membantu membersihkan kerak oli, khususnya pada bagian yang sulit untuk dijangkau. Pastikan alat yang digunakan bersih agar mesin kendaraan tidak mendapatkan kotoran yang lebih banyak.

BACA JUGA:Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

2. Panaskan Mesin Sebelum Dibersihkan

Sebelum membersihkan mesin mobil, pemilik mobil harus memanaskan mobil terlebih dahulu kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan kerak oli yang membandel lebih mudah.

Setelah memanaskan mobil, matikan mesin, kemudian diamkan selama 30-45 menit hingga kondisi dingin. Hal ini untuk mengurangi arus listrik pada mesin mobil yang baru dipanaskan. Kemudian, bersihkan permukaan mesin menggunakan kain lap, sikat, dan kuas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: