Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Simak Langkah dan Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

Oli yang menumpuk akan menimbulkan kerak karbon atau kerak oli-Pinterest -

3. Cairan Khusus Pembersih

Sebelum membersihkan kerak oli, ada berbagai cairan pembersih yang bisa digunakan. Ada beberapa cairan khusus pembersih mesin mobil yang harus kamu gunakan untuk menghilangkan oli pada mesin mobil. 

Engine Conditioner = cairan pembersih berbentuk foam yang berfungsi untuk membersihkan ruang bakar pada mesin.

Engine Flush = cairan pembersih yang berfungsi membersihkan kotoran dalam karter mesin dan jalur oli. Cairan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan gumpalan oli dan karbon pada ring piston.

Engine Degreaser = cairan pembersih berbahan solvent dengan tekstur lebih keras dibandingkan engine conditioner. Engine degreaser mampu melarutkan kerak bekas oli atau kotoran membandel pada mesin.

Grease Oil = cairan ini berfungsi untuk membersihkan mesin dari noda oil yang membandel.

BACA JUGA:Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

4. Melepas Aki Sebelum Pembersihan

Tahap selanjutnya adalah dengan melepas aki mobil terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan.  Hal ini dilakukan bertujuan untuk memutus aliran listrik pada mobil, sehingga dapat mencegah terjadinya korsleting.

Selain itu, jika masih ada bagian komponen elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari mesin mobil, bungkuslah komponen tersebut dengan plastik atau aluminium foil.

5. Gunakan Engine Flush dan Engine Conditioner

Bersihkan kerak yang menempel pada mesin dengan menggunakan engine conditioner. Caranya dengan menyemprotkan cairan tersebut ke ruang bakar. Busa yang dihasilkan dari engine conditioner membuat pembersihan kerak oli lebih mudah.

Selain engine conditioner, pemilik mobil juga membutuhkan engine flush. Cairan ini mampu menghilangkan kerak pada jalur oli. Untuk pengaplikasiannya, masukan engine flush pada bagian mesin sebelum mengganti oli atau masih tersisa oli yang lama.

Hidupkan mesin kurang lebih 15 menit dengan menginjak gas pada posisi stasioner di angka 2.000 RPM. Buanglah oli pada mobil saat mesin dalam keadaan panas.

BACA JUGA:Tampil Gagah dan Sporty, Intip Penyegaran Terbaru Yamaha FreeGo 125

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: