Bikin Ngakak! Inilah Partai Politik Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia

Bikin Ngakak! Inilah Partai Politik Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia

Beberapa partai politik di dunia didirikan dengan nama dan tujuan yang aneh--

BACA JUGA:Minimum 1 Gram, Begini Cara Tarik Emas Fisik Dari DANA eMas

Partai Magyar Ketfarku Kutya Part
Partai politik asal hungaria ini artinya two tailed dog party didirikan di kota szeged, hungaria pada tahun 2006. Pendiri dan pemimpinnya adalah gergely kovacs dengan mengusung ideologi "absurdism" atau tidak jelas. Sama seperti partai-partai sebelumnya di atas, partai ini didirikan hanya untuk tujuan lucu-lucuan saja. Meski demikian, partai ini dijalankan dengan sangat serius, karena mereka memiliki staf lengkap yang mendukung setiap kegiatan kampanye pemilu di hungaria.

Ada pun janji politik populer yang pernah mereka gulirkan kepada publik adalah memberlakukan 1 hari kerja dalam 1 minggu, gratis beer setiap hari, membebaskan masyarakat dari pajak, mendirikan gunung dan bukit di dataran rendah hungaria, kami janjikan apapun yang diminta masyarakat!.

BACA JUGA:Tips Mudah Share Screen WhatsApp Melalui HP dan PC

Partai Besti Flokkurinn
Dari islandia, ada partai politik yang cukup menarik perhatian bernama besti flokkurinn (best party). Didirikan oleh jon gnarr aktor dan komedian populer dari islandia  tanggal 16 november 2009, partai yang awalnya merupakan partai lucu-lucuan ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dan dukungan cukup baik dari masyarakat. Sejak sukses dalam pemilu wilayah reykjavik tahun 2010 dengan meraih 34.7% suara, dan menjadi partai peraih suara terbanyak, partai ini berubah menjadi partai politik yang serius memperjuangkan suara rakyat.

Salah satu keberhasilan partai ini adalah melepaskan islandia dari krisis finansial global tahun 2008 - 2011. Di awal pembentukannya dan saat kampanye pemilu 2010, partai ini menggelontorkan beberapa program kerja mereka yang cukup populer, seperti gratis naik bis dan berenang bagi orang yang tidak mampu dan punya masalah mental, meningkatkan transparansi dalam "segala hal", termasuk dalam berpakaian dan berhubungan intim, menolak membayar hutang negara, para laki-laki harus lebih banyak mendengar wanita dan orang tua.

BACA JUGA:Axioo Luncurkan Laptop Terbaru Axioo Hype Series Harga 2 Jutaan

Partai Happiness Realization Party
Partai realisasi kebahagiaan atau kofuku jitsugen-to merupakan partai politik jepang yang cukup unik. Didirikan oleh ryuho okawa pada tanggal 23 mei 2009, partai politik ini menyebut dirinya sebagai "partai pendapat ketiga" bagi masyarakat jepang yang tidak puas dengan hasil yang dicapai partai politik jepang yang berkuasa saat ini. Partai ini sebenarnya dibentuk sebagai wujud tindakan politik jepang dalam menyikapi ancaman pengetesan rudal yang dilakukan korea selatan. Selain itu, pembentukan partai ini pun dilakukan sebagai upaya untuk melepaskan jepang dari resesi ekonomi, setelah partai-partai yang berkuasa tidak berhasil melakukannya.

Berbeda dengan partai-partai yang sudah saya sebutkan di atas. Partai ini benar-benar adalah partai politik yang serius. Meski demikian, kebijakan yang mereka gelontorkan terbilang cukup aneh dan tidak rasional. Yang paling mengenyitkan kening adalah usulan untuk meningkatkan populasi penduduk jepang yang saat ini 300 juta menjadi 2 kali lipat, alias 600 juta. Dengan jumlah populasi yang tinggi, maka jepang akan dapat berpeluang untuk menguasai perekonomian dunia.

Selain itu, usulan lain yang cukup kontroversial adalah mengangkat orang asing sebagai pemimpin jepang guna melindungi masyarakat dari ancaman militer korea selatan. Lalu juga ada usulan untuk membuat hubungan toleransi bermasyarakat antara orang hidup dan arwah orang mati. Harian the japan times pernah mengkritisi partai ini. Menurut mereka, kofuku jitsugen-to jauh lebih mirip kelompok pengkultusan agama daripada sebuah partai politik.

BACA JUGA:Pertama! Teknologi Dji Flycart 30, Drone yang Bisa Mengantarkan Barang Hingga Bobot 40 Kg

Partai Deadly Serious Party
Partai politik australia ini pernah didirikan pada tahun 1980 - 1988. Sejak didirikan, partai ini memang sudah menyatakan diri sebagai partai politik untuk lucu-lucuan saja. Tidak ada agenda khusus dalam partai ini selain melemparkan isu-isu humor ke parlemen australia, agar rapat parlemen tidak membosankan, kaku, dan dingin. Beberapa "usulan" yang pernah diusung partai ini kepada parlemen australia adalah : pembunuhan terhadap para pingun untuk melindungi garis batas australia dari invasi argentina, dan mengangkat orang-orang yang pandai melawak untuk duduk sebagai anggota parlemen. Partai politik ini akhirnya dibekukan pada tanggal 2 november 1988, setelah keanggotaan partai tersebut tidak mencapai jumlah minimum (500 orang).

Pemilihan wakil rakyat yang tentu saja mengemban tugas suci untuk menyerukan aspirasi rakyat adalah orang orang terpilih. Partai politik paling aneh diatas semoga menjadi cerminan bahwa perlu keseriusan yang tinggi dalam melakukan hal ini. Semoga di Indonesia tidak ada partai politik lelucon yang muncul.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: