Sejarah, Asal Usul, dan Keunikan Nasi Timbel Khas Jawa Barat yang Dibungkus Daun Pisang

Sejarah, Asal Usul, dan Keunikan Nasi Timbel Khas Jawa Barat yang Dibungkus Daun Pisang

Sejarah, Asal Usul dan Keunikan Nasi Timbel Khas Jawa Barat Yang di Bungkus Daun Pisang-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Nasi Timbel merupakan makanan khas tradisonal Jawa Barat. Sesuai dengan namanya makanan ini merupakan hidangan berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang. 

Biasanya nasi timbel setelah dibungkus menggunakan daun pisang yang kemudian dimasak dengan cara dikukus. Selain dikukus nasi juga bisa dibakar setelah dikukus untuk menambah aroma. 

Nasi Timbel disajikan dengan sambal, lalap, ayam goreng, dan sebagainya. Makanan  khas bandung ini merupakan kuliner bandung yang sangat populer dan mempunyai banyak penggemar.

Banyak penggemar yang ketagihan dengan rasa yang ditawarkan Nasi Timbel terlebih jika sedang lapar dan nasi disajikan dalam keadaan hangat. 

BACA JUGA:Mengenal Getuk Goreng Khas Sokaraja Sejak Tahun 1918

Kombinasi antara nasi putih yang dibungkus daun pisang, lauk pauk lezat, serta sambal khas, menciptakan sebuah hidangan yang tak hanya menggugah selera tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya kuliner Jawa Barat.

Salah satu pendamping yang tidak boleh dilewatkan saat menyatap Nasi Timbel yang membuat nasi ini begitu istimewa adalah kehadiran sambal khas yang pedas dan lezat.

Sejarah dan Asal Usul Nasi Timbel 

Di balik keberadaannya yang masih eksis hingga saat ini dan menjadi makanan khas favorit semua orang. ternyata Nasi Timbel memiliki sejarah panjang yang mencerminkan warisan budaya Sunda.

Dalam bahasa Sunda Nasi Timbel disebut sangu timbel, yaitu nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang berbentuk bulat lonjong yang menyerupai timbel, alat pancing.

Nasi Timbel berasal dari daerah pegunungan di sekitar Bandung, Jawa Barat. Di mana daun pisang yang melimpah menjadi wadah ideal untuk mengawetkan nasi dan menjaganya tetap hangat.

Pada saat itu, Nasi Timbel dikenal sebagai makanan masyarakat menengah ke bawah. Karena, piring merupakan peralatan makan sulit ditemukan maka masyarakat menggunakan daun sebagai alternatif untuk membungkus dan tempat makan.

BACA JUGA:Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Tak sulit menemukan Nasi Timbel, jika dahulu kamu akan menemukan kuliner yang satu ini hanya dalam acara-acara adat, pernikahan, atau saat tamu datang berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: