Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Bubur Paddas memiliki dua bumbu rahasia khas Kalimantan Barat -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bicara soal kuliner, salah satu kuliner yang umum diketahui masyarakat Indonesia adalah bubur. Siapa yang tidak tahu bubur, hidangan ini menjadi salah satu hidangan favorit saat sarapan. 

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis bubur yang menjadi ciri khas suatu daerah. Semisal bubur manado khas Sulawesi Utara, bubur kampiun khas Minangkabau, dan masih banyak lainnya termasuk bubur Paddas khas Kalimantan Barat

Sama seperti olahan bubur pada umumnya, Bubur Paddas memiliki tekstur yang lembut karena kandungan air yang cukup banyak. Sebagai makanan khas, bubur Paddas tentu punya perbedaan dari bubur-bubur lain yang ada di Nusantara. 

BACA JUGA:8 Jenis Menu Kolak Hidangan Wajib Saat Bulan Ramadhan

Bubur Paddas memiliki perbedaan yang terletak pada proses pengolahannya. Pengolahan bubur paddas dimulai dengan menyangrai beras dan kelapa parut. 

Tahukah kamu, Kelapa parut sangrai ini adalah sumber rasa gurih di bubur paddas. Beras dan kelapa parut yang sudah disangrai sampai kecokelatan pun ditumbuk hingga halus, lalu dimasukkan ke dalam air mendidih. 

Untuk menambah cita rasa, berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, serai lengkuas, jahe, hingga ebi, ditambahkan ke dalamnya.

Selain itu, dalam pengolahan bubur Paddas memiliki dua bumbu rahasia yang wajib ada dalam bubur paddas. Bumbu ini sekaligus menjadi pembeda antara bubur ini dengan bubur-bubur lainnya, yaitu daun kunyit dan daun kesum atau kasum (Persicaria odorata). 

BACA JUGA:Barongko, Makanan Legendaris Raja Bugis di Makassar Sulawesi Selatan

Daun kesum adalah salah satu tanaman liar yang ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman ini bisa tumbuh bebas dan leluasa di kawasan tanah yang lembab dan berair seperti di pinggir kolam, tepi parit, dan juga kebun dekat selokan 

Bagi kamu yang belum tahu, wangi daun kesum sepintas lalu hampir mirip seperti lada. Daun ini juga menghasilkan rasa pedas seperti mint. 

Wangi dan cita rasa pedas dari daun ini bisa mengurangi aroma amis pada olahan ikan, ayam, atau daging. Nah, rasa pedas yang dihasilkan daun kesum inilah yang disematkan sebagai nama bubur paddas.

BACA JUGA:Mangut Lele, Kenikmatan Olahan Lele Para Sultan Yogyakarta

Selain daun kesum dan daun kunyit, berbagai sayuran juga ditambahkan untuk melengkapi bubur paddas. Beberapa jenis sayuran yang biasanya digunakan adalah kangkung, kacang panjang, jagung, buncis, wortel, toge, daun katuk, serta pakis. Teri dan kacang goreng umumnya juga ditambahkan sebagai toping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: