Taman Nasional Betung Kerihun, Habitat Flora dan Fauna Endemik Terbesar di Kalimantan

Taman Nasional Betung Kerihun, Habitat Flora dan Fauna Endemik Terbesar di Kalimantan

Pengunjung yang berwisata ke Taman Nasional Betung Kerihun -Akun Instgram y_januariko97-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini Indonesia memiliki 56 Taman Nasional yang tersebar dari Sabang hingga Marauke. Tak heran jika Indonesia menjadikan Taman Nasional sebagai salah satu pilihan destinasi wisata unggulan.

Salah satu Taman Nasional yang banyak diminati para wisatawan adalah Taman Nasional Betung Kerihun, Kalimantan Barat. Taman Nasional ini berada di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya terletak di Jl. Piere Tendean, Sibau Hulu, Kec. Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Taman Nasional Betung Kerihun dikenal dengan julukan "Jantungnya Kalimantan" . Taman ini memiliki hutan tropis yang masih sangat rapat dan rindang. Selain itu, Taman Nasional Betung Kerihun juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna khas Kalimantan serta berbagai satwa langka yang dilindungi. 


Hutan yang masih rapat menjaga ekosistem Taman Nasional Betung Kerihun -Akun Instagram @azizahfajriana-

Taman ini memiliki beberapa ekosistem yang berbeda-beda, diantaranya adalah ekosistem hutan dipterocarpaceae dataran rendah atau low land dipterocarp forest, ekosistem hutan dipterocarpaceae bukit hill dipterocarp forest, dan ekosistem hutan aluvial atau alluvial forest.

Taman Nasional Betung Kerihun dulunya merupakan cagar alam yang dikenal dengan Bentuang Karimun. Saat masih berstatus sebagai cagar alam, Kawasan ini hanya memiliki area seluas 600.000 hektar. 

BACA JUGA:Pantai Ngedan, Pantai dengan Keunikan Panorama Batuan Karang Nan Eksotis di Gunung Kidul

Kemudian dengan perjuangan yang tidak mudah kawasan cagar alam Betuang Karimun ditetapkan menjadi kawasan Taman Nasional Betung Kerihun sesuai keputusan Menteri Kehutanan pada tahun 1992. Keputusan tersebut diberikan mengingat banyaknya keragaman hayati dan dampak positif cagar alam Betuang Karimun terhadap masyarakat sekitar. 

Saat ini Taman Nasional Betung Kerihun memiliki luas Sekitar 800.000 hektar. Perubahan nama ini sudah berdasarkan kondisi di lapangan bahwa terdapat Gunung Betung di wilayah barat dan Gunung Kerihun di bagian Timur.

Kawasan taman ini memiliki beragam jenis flora seperti anggrek, pohon dengan berbagai spesies, dan bunga endemik Betung kerihun. Tidak hanya beragam jenis flora Taman Nasional Betung Kerihun juga memiliki berbagai jenis fauna, berbagai jenis hewan mamalia bisa mencapai hingga 48 spesies. 


Aliran sungai yang sering disusuri saat berada di taman Nasional Betung Kerihun -Akun Instagram @agustiabdirman-

Taman ini memiliki daya tarik tersendiri dibanding taman nasional lain yang ada di Indonesia, yakni terdapat lebih dari tujuh spesies primata seperti tarsius, hout, kelempiau, seaman, Macaca fascicularis, Macaca nemestrina, dan orangutan. 

Ada beragam jenis reptil dan amfibi yang tercatat di kawasan ini berjumlah sekitar 1.500 spesies dengan 51 spesies amfibi, 21 spesies ular, 3 spesies kura-kura, 26 spesies kadal, dan 2 spesies buaya. Binatang hidup di dua alam yang paling unik adalah spesies Leptobrachella myorbergi atau katak terkecil di dunia yang ukurannya hanya satu sentimeter.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata yang Wajib dikunjungi Saat ke Kalimantan Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: