Taman Nasional Betung Kerihun, Habitat Flora dan Fauna Endemik Terbesar di Kalimantan

Taman Nasional Betung Kerihun, Habitat Flora dan Fauna Endemik Terbesar di Kalimantan

Pengunjung yang berwisata ke Taman Nasional Betung Kerihun -Akun Instgram y_januariko97-

Tak tanggung-tanggung terdapat 4.000 lebih spesies jenis ikan yang berasal dari 35 sungai, baik sungai besar ataupun sungai kecil. Dari banyaknya jenis Ikan yang ada di Taman Nasional Betung Kerihun, ada 14 spesies ikan  endemik yang hanya ada di Kalimantan.

Taman ini juga memiliki beragam jenis Burung yang terdiri dari 301 spesies yang berasal dari 151 genus dan 36 famili.

Salah satu keunikan yang dimiliki Taman Nasional ini adalah Penghubung  antara Gunung Betung dan Gunung Kerihun sebagai perbatasan antara wilayah Indonesia dan Malaysia. Pada kawasan taman ini juga terdapat salah satu danau yang menjadi favorit destinasi wisata para wisatawan, yakni Danau Sentarum. 

Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun menyimpan berbagai destinasi wisata menarik, seperti rekreasi alam untuk kemping di pedalaman hutan tropis; wisata air seperti rafting, whitewater trekking, dan tubing di ratusan anak sungai Kapuas; serta keanekaragaman hayati dengan flora dan fauna yang merupakan kekayaan alam Kalimantan.

BACA JUGA:Keunikan Gunung Sumbing yang Dihuni Jin dan Jalur Purba Bawah Tanah di Jawa Tengah

Selain itu, terdapat wisata budaya berupa pemukiman suku Dayak di pedalaman hutan. Suku Dayak yang merupakan masyarakat di kawasan ini adalah Dayak Punan, Dayak Iban, Dayak Taman Kantuk, Dayak Tamambaloh, dan Dayak Bukat.

Di bagian barat taman nasional, kebanyakan didiami oleh Dayak Iban dan Dayak Tamambaloh, sedangkan di pusat sebagian besar diisi oleh penduduk dari Suku Dayak Bukat, dan di bagian timur adalah orang Dayak Punan.

Wisata kampung Dayak memiliki daya tarik tersendiri, tak hanya mengunjungi, kita bisa menginap di tengah pemukiman suku asli Kalimantan ini, menarik sekali bukan?

Itulah ulasan mengenai Taman Nasional Betung Kerihun yang ada di Kalimantan Barat, Jika kamu bertandang ke Kalimantan Barat sempatkan untuk berwisata ke Taman Nasional yang satu ini.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: