Pulau Lemukutan, Habitat Kerang Purba yang Dilindungi

Pulau Lemukutan, Habitat Kerang Purba yang Dilindungi

Pesona bawah laut Pulau Lemukutan -Akun Instagram @pesona.lemukutan -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain dikenal dengan keragaman budayanya yang unik, Kabupaten Bengkayang juga memiliki pesona alam yang tak kalah menakjubkan dengan destinasi wisata lain yang ada di Kalimantan Barat.

Salah satu destinasi yang paling menarik perhatian adalah Pulau Lemukutan. Bagaimana tidak? Pulau ini merupakan destinasi pulau terbaik yang ada di Kalimantan Barat. 

Pesona wisata Pulau Lemukutan terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang indah sehingga membuat tempat ini menjadi tujuan wisatawan terutama pecinta aktivitas snorkling.

Pulau Lemukutan terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Asal usul Pulau Lemukutan berasal dari sebuah desa yang bernama Desa Lemukutan. 

BACA JUGA:Mengabadikan Moment Liburan dengan Spot Foto Instagramble di Dago Dreampark, Bandung

Desa Lemukutan masuk dalam kawasan konservasi laut di Kalimantan Barat, perlindungan kawasan ini dikelola untuk menjaga lestarinya ekosistem dan lingkungan. 

Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata ini tak hanya ingin menikmati keindahan panorama pantainya tapi juga ingin menikmati keindahan bawah lautnya dengan bersnorkling.  

Berbagai jenis terumbu karang, teripang, ikan nemo, bulu babi, dan berbagai jenis ikan-ikan lucu dapat ditemui di Pulau ini. Menariknya lagi, di Pulau Lemukutan Kalimantan Barat ini terdapat kerang Kima, yaitu jenis kerang purba yang dilindungi dan dikembangkan di sana.

Selain snorkling, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga kano. Wisatawan juga bisa menikmati kearifan lokal warga setempat seperti mencari ikan di Bagan, memancing ikan, menjemur ikan asin, dan jalan-jalan keliling desa.


Berbagai aktivitas yang dilakukan di Pulau Lemukutan seperti olahraga kano -Akun Instagram @yekatrip-

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya minat wisatawan domestik maupun mancanegara, membuat masyarakat atau para pebisnis memanfaatkan kepopuleran Pulau Lemukutan sebagai penghasilan untuk meningkatkan perekonomian. 

Para Pebisnis dan masyarakat setempat mulai membangun villa atau penginapan dan beberapa fasilitas untuk para pengunjung saat liburan ke Pulau Lemukutan. Saat ini sudah ada berbagai jenis villa maupun homestay untuk menginap. 

Harga sewa penginapan pun beragam tergantung dari jenis kamar dan fasilitas yang diberikan. Untuk snorking, pengunjung bisa menyewa alat snorkling yang disewakan penduduk sekitar, mulai dari harga Rp. 2.00.000 Hingga Rp. 4.00.000. per paket.

BACA JUGA:Nikmati keindahan dan Nuansa Alam Menyegarkan di Juma Lau Deli Serdang, Sumut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: