8 Jenis Menu Kolak Hidangan Wajib Saat Bulan Ramadhan

8 Jenis Menu Kolak Hidangan Wajib Saat Bulan Ramadhan

Ragam jenis-jenis kolak hidangan khas bukan ramadhan di Indonesia -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menu hidangan wajib yang harus ada saat berbuka puasa adalah kolak. Siapa yang tak tahu hidangan yang satu ini? Hampir dari seluruh masyarakat Indonesia pasti tahu hidangan berkuah dengan cita rasa manis ini. 

Kolak dikenal sebagai salah satu hidangan penutup mulut khas Indonesia yang biasanya populer sebagai sajian takjil saat berbuka puasa.

Hidangan yang satu ini bisa disajikan hangat saat cuaca dingin serta disajikan dingin saat cuaca terik, ada banyak cara menikmati hidangan manis khas bulan Ramadan ini. 

BACA JUGA:Intip Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Mana Paling Populer ?

Tahukah kamu, Indonesia yang memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda ini memiliki sajian Kolak yang beraneka ragam. Sanking populernya sajian kolak, ada berbagai variasi resep dan jenis-jenis kolak yang bisa ditemukan disetiap sajiannya.

Ada berbagai aneka jenis Kolak yang bisa kamu coba, penasarankan ? Yuk, intip apa-apa saja jenis Kolak yang ada di Indonesia, berikut diantaranya: 

1. Kolak Pisang


Kolak pisang -Pinterest -

Kolak pisang menjadi pilihan utama karena Kolak yang satu ini merupakan salah satu jenis kolak terpopuler dan paling mudah ditemui adalah Kolak Pisang. 

Kolak pisang ini juga terbilang sangat sederhana untuk dibuat. Terbuat dari potongan buah pisang yang dimasak dengan kuah santan dan gula merah, sama seperti jenis-jenis kolak pada umumnya, kolak pisang memiliki cita rasa manis dan dapat dinikmati dalam keadaan hangat ataupun dingin. 

BACA JUGA:Bubur Champion, Bubur Juara Khas Minangkabau

Pisang yang digunakan untuk membuat jenis kolak satu ini juga bisa bervariasi, mulai dari pisang kepok, pisang tanduk, pisang raja hingga pisang nangka bisa digunakan untuk membuat kolak pisang. Meskipun cukup sederhana, cita rasa kolak pisang ini tak kalah lezat dari jenis-jenis kolak lainnya.

2. Kolak Ubi


Kolak ubi-Pinterest -

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: