Mangut Lele, Kenikmatan Olahan Lele Para Sultan Yogyakarta

Mangut Lele, Kenikmatan Olahan Lele Para Sultan Yogyakarta

Kenikmatan Mangut Lele khas Yogyakarta-Akun Insatagram @ocha.chupid -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu ikan lele, ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sering dikonsumsi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Selain nikmat, lele menjadi pilihan sumber protein yang nikmat disantap siang maupun malam hari.

Nah, saat berkunjung ke Yogyakarta lele menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba. Jika lele biasa digoreng lengkap dengan sambal dan nasi hangat, maka berbeda dengan Mangut Lele khas Yogyakarta. Mangut Lele ini adalah hidangan ikan lele yang diolah dengan santan. Meski berasal dari Yogyakarta, Mangut Lele memang tidak sepopuler gudeg atau bakpia. 

BACA JUGA:Kafe Uncle Brew Kopi Bandung, Kafe Estetik Berkonsep Klasik dan Elegan

Konon katanya, Mangut Lele disajikan sebagai hidangan inti para Sultan Yogyakarta. Pada awalnya, makanan ini khusus disajikan di Keraton Yogyakarta dan tidak diketahui masyarakat umum. Seiring berjalannya waktu, Mangut Lele ini diperkenalkan secara umum oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

Mencoba hidangan yang satu ini tidak cukup sekali karena kenikmatannya yang bikin nambah lagi dan lagi. Tak hanya ikan lele, sajian mangut juga cocok jika menggunakan jenis ikan air tawar seperti mujair, wader, kutuk, dan bader. 

Mangut lele adalah kuliner yang sederhana namun memiliki cita rasa yang sedap. Terdapat dua versi Mangut Lele, yakni lele yang digoreng dan lele yang melalui proses pengasapan. 

BACA JUGA:Mencoba Kerupuk Melarat, Kerupuk Legendaris Pada Masa Penjajahan Kolonia Belanda

Untuk mangut lele yang digoreng, lele sebelumnya dimarinasi dengan air jeruk nipis dan garam kemudian digoreng. Setelah matang, lele dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran untuk memperkaya cita rasa.

Sedangkan untuk mangut lele asap, ikan lele yang sudah dibersihkan kemudian ditusuk dengan serabut pelepah kelapa. Proses pengasapan yang memakan waktu menjadi kunci kenikmatan sajian mangut.

BACA JUGA:Mencoba Kelezatan Nasi Kentut yang Memiliki Banyak Khasiat Khas Daun Sembukan 

Untuk memasak Mangut Lele pun tidak begitu sulit bumbu mangut terdiri dari santan, cabai rawit, petai, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan kencur. Semuanya dimasak di atas tungku kayu bakar.

Kamu bisa mencicipi kenikmatan Manggut Lele saat berkunjung ke Yogyakarta. Ada banyak Mangut Lele yang bisa kamu saat berkunjung ke Yogyakarta. Kamu bisa menemukan banyak kedai-kedai yang menjual Mangut Lele saat berada di sana. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: