10 Tradisi Sambut Bulan Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

10 Tradisi Sambut Bulan Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tradisi Sambut Bulan Puasa Dari Berbagai Daerah Di Indonesia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Di Indonesia, ada berbagai tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai daerah untuk menyambut bulan Ramadhan. Artikel ini akan memberi ulasan seputar tradisi apa saja yang sering dilakukan masyarakat Indonesia sela, Ramadan atau bulan puasa. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.  

Tradisi-tradisi menyambut Ramadhan dari berbagai daerah di Indonesia ini memperlihatkan kekayaan dan keragaman budaya di negeri ini.

Dengan menjaga dan mempertahankan tradisi-tradisi ini, kita dapat menjadikannya sebagai sumber inspirasi dan kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Berikut tradisi menyambut Ramadhan darii berbagai daerah yang ada di Indonesia dirangum dari berbagai sumber:

BACA JUGA:Bungkam AI Peppers 3-1, Megawati & Red Sparks Gusur GS Caltex Dari Posisi 3 Besar Korean V-League 2023/2024

1. Padusan - Yogyakarta 

Padusan merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa sebagai bentuk menyambut bulan Ramadhan. Tradisi unik ini merupakan kegiatan mandi dengan niat membersihkan atau menyucikan diri sebelum datangnya bulan Ramadhan.

Tradisi padusan ini biasanya dilakukan di tempat-tempat seperti pantai, sungai ataupun sendang. Padusan tentunya sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang Jawa. 

Ketika tradisi padusan, orang akan berbondong-bondong ke sebuah tempat pemandian untuk mandi dan berendam. Mereka percaya air bisa menyucikan diri dalam rangka menyambut bulan Ramadan.

BACA JUGA:Dijuluki Ratu Headshot Voli Korea, Smash Petir Megawati Hangestri Mengintai Lawan di Setiap Pertandingan

2. Balimau - Sumatera Barat

Balimau merupakan tradisi yang digelar oleh masyarakat Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat sebagai bagian dari menyambut bulan Ramadhan. Tradisi ini dilakukan sehari sebelum bulan puasa dimulai.

Balimau merupakan tradisi yang tidak jauh berbeda dengan padusan, namun tradisi ini biasa dilakukan oleh orang Minangkabau. 

Tradisi unik menyambut bulan Ramadan satu ini merupakan mandi dengan menggunakan jeruk nipis yang dilakukan di aliran sungai ataupun tempat pemandian lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: