Es Oyen, Kenikmatan Es dari Bahan-bahan Alami yang Beraroma Khas

Es Oyen, Kenikmatan Es dari Bahan-bahan Alami yang Beraroma Khas

Proses pembuatan es Oyen masih banyak dilakukan secara tradisional.-Akun Instagram @njanjantulungagung-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu Es Oyen? Es Oyen merupakan minuman khas Kota Kembang, Bandung yang memiliki cita rasa sangat nikmat dan disukai oleh semua orang. 

Minuman menyegarkan dan kaya akan cita rasa, adalah bagian yang tak terpisahkan dari warisan kuliner Nusantara. Terinspirasi dari bahan-bahan alami dan beraroma, Es Oyen menjadi favorit di berbagai daerah di Indonesia.

Dibalik kelezatannya yang bikin nagih Es Oyen memiliki sejarah terkait keberadaannya. Ada beberapa sumber yang mengatakan, Es Oyen memiliki akar yang dalam dalam sejarah kuliner Indonesia. Istilah "Oyen" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "dingin". 

Tradisi membuat minuman dingin dari bahan-bahan lokal telah ada sejak zaman dahulu kala di Nusantara. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat lokal menciptakan inovasi dalam penyajian minuman sejuk, termasuk Es Oyen.

BACA JUGA:Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Namun beberapa sumber juga mengatakan Es Oyen pertama kali dijual di Bandung pada tahun 1954. Pada saat itu, seorang penjual gerobakan menjual minuman ini dari rumah ke rumah sambil berkeliling ke pelosok Kota Bandung.

Kemudian pada tahun 1962, minuman ini mulai dikenal oleh masyarakat Bandung hingga si penjual membuka warung. Penjual es tersebut diketahui bernama Pak Oyen.

Sehingga, warga sekitar menyebut nama minuman tersebut dengan Es Oyen yang merupakan singkatan dari 'Es yang dijual oleh Pak Oyen'.

Salah satu daya tarik utama Es Oyen adalah penggunaan bahan-bahan alami yang memberikan cita rasa yang khas dan segar.

BACA JUGA:Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Buah-buahan tropis seperti kelapa muda, cincau, nangka, dan buah naga. Serutan es adalah elemen-elemen penting dalam menyajikan minuman ini. Penggunaan kelapa muda memberikan rasa manis dan segar, sementara cincau memberikan kelezatan yang kenyal dan karakteristik.

Proses pembuatan es Oyen masih banyak dilakukan secara tradisional, menjadikannya warisan kuliner yang autentik. Kelapa muda dipotong dengan hati-hati, dan air kelapanya yang segar diambil untuk menjadi dasar minuman. 

Cincau, yang merupakan agar-agar alami, juga dipersiapkan dengan cermat. Semua bahan kemudian disajikan dalam mangkuk besar dengan es serut yang lembut.

BACA JUGA:Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: