Rasakan Sensasi Horor Mencekam Sembari Menikmati Hidangan Lezat di Restoran Roemah Kentang 1908

Rasakan Sensasi Horor Mencekam Sembari Menikmati Hidangan Lezat di Restoran Roemah Kentang 1908

BENGKULUEKSPRESS.COM - Roemah Kentang 1908 merupakan restoran hits di Bandung yang terkenal dengan cerita mistinya yang menyeramkan. Tak heran Roemah Kentang banyak dikujungi oleh wisatawan yang penasaran dengan cerita mistis yang menyelimutinya.  

Dulu restoran ini adalah rumah biasa yang sangat angker. Tapi kini, rumah tersebut sudah beralih fungsi menjadi sebuah tempat makan yang nyaman dan instagenic. Roemah Kentang 1908 berada di depan Gor Saparua, tepatnya di Jalan Banda No. 18, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Bukan saja bisa merasakan suasana yang jauh dari kata angker, di sini kamu juga bisa menyantap beragam kuliner yang disediakan. Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga kuliner khas beberapa negara lain.

Sejak puluhan tahun, rumah ini dipenuhi suasana mistis dengan kesan angker. Dulunya, rumah peninggalan Belanda yang terbengkalai ini dikelilingi tanaman rimbun yang membuatnya terlihat gelap. 

BACA JUGA:Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Usia banguannnya pun sudah sangat tua, tepatnya berdiri sejak tahun 1908. Rumah ini dinamakan Rumah Kentang karena konon setiap orang lewat akan membau aroma kentang dari sini. 

Kisah ini berhubungan dengan hal mistis di masa lalu. Bangunan ini dulunya merupakan tempat perkumpulan yang disebut Lochea Hermes.

Meski sempat terkesan angker selama berpuluh-puluh tahun, rumah ini punya kelebihan tersendiri. Ialah berdiri di lahan heritage dengan lokasi yang strategis. 

Konon, dinamai Roemah Kentang karena sering tercium bau kentang saat orang-orang melewatinya. Ramai yang mengatakan, bau kentang tersebut berasal dari anak kecil orang Belanda yang meninggal karena masuk ke kuali kentang yang tengah dimasak. 

BACA JUGA:Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Ada juga mitos yang berkembang melihat penampakan anjing siluman hingga genderuwo di rumah tersebut, yang menambah kesan horor. 

Saking horor dan melegendanya, Rumah Kentang sempat diangkat menjadi film, berjudul Rumah Kentang: The Beginning yang dibintangi Christian Sugiono dan Luna Maya pada tahun 2019. Sebelumnya, film berjudul Rumah Kentang juga pernah dirilis pada 2012.

Tak heran jika pengelola akhirnya menjadikan Rumah Kentang sebagai restoran sejak Desember 2020. Bukan restoran biasa, tapi diubah menjadi sebuah tempat nongkrong yang menyenangkan dan instagenic.

Meski ada bagian-bagian yang diubah, tapi banyak ornamen di bagian dalam yang tidak berubah. Sedangkan bagian luar tidak diubah sama sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: