Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Batagor Yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Batagor merupakan singkatan dari "Baso Tahu Goreng" makanan ini merupakan jajanan khas Bandung yang kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ya bisa dibilang siapa sih yang tidak tahu Batagor?

Batagor dikenal sebagai jajanan murah dan juga lezat. Tak jarang makanan ini selalu menjadi pilihan kuliner wisatawan saat berkunjung ke ibu kota Jawa Barat itu.

Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. 

Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang atau  kuah kaldu, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap. 

 BACA JUGA:Sejarah, Asal Usul, dan Keunikan Nasi Timbel Khas Jawa Barat yang Dibungkus Daun Pisang

Tak ada yang mengira, Batagor yang tercipta secara spontan ini menjadi populer. Bahkan Taste Atlas, situs panduan wisata kuliner yang populer di dunia menyebut batagor sebagai jajanan paling lezat se-Asia pada tahun 2021 lalu. 

Dirangkum dari beberapa sumber asal usul Batagor dimulai pada tahun tahun 1970-an. Batagor pertama kali dibuat oleh seorang penjual bakso tahu atau siomay keliling yang mengolah barang jualannya yang tidak laku. 

Pedagang bakso tersebut bernama Isan. Awalnya, setelah kesulitan mencari pekerjaan di Bandung, untuk mengisi waktu luangnya, Isan memutuskan untuk ikut berjualan bakso tahu keliling. Usaha barunya ini dimulai di rumah kontrakannya di gang Situ Saeur Bandung.

BACA JUGA:Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Ternyata di balik kenikmatan Batogor yang masih dikenal hingga kini, makanan ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan layak untuk dikenang.

Saat ini Batagor sangat mudah dijumpai di manapun bahkan berbgai e-commerce banyak menawarkan Batagor yang sudah dikemas layaknya frozen food. 

Batagor menjadi simbol identitas kebudayaan orang Indonesia yang sederhana dalam mengolah sebuah makanan sehingga menciptakan rasa yang begitu nikmat dan cocok dilidah semua orang. 

Sebagai tukang bakso keliling, Isan harus dihadapkan pada masalah dagangannya yang tidak habis. Agar tidak membuang dagangannya yang masih tersisa, akhirnya Isan berfikir untuk menggoreng bakso tahu kukusnya yang menjadi cikal bakal hadirnya Batagor. 

BACA JUGA:Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: