Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Batagor Yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia-Pinterest -

Bakso digoreng hingga kecokelatan, baso tahu itu diberi kondimen berupa saus kacang yang biasa melengkapi baso tahu.

Tekstur baso tahu yang garing di luar dan kenyal di dalam disertai aroma ikan tenggiri yang semerbak setelah digoreng membuat cita rasa Batagor yang khas. 

Selama bertahun-tahun, Isan memberikan Batagor secara gratis kepada tetangganya. Para tetangga mulai ketagihan bakso gorengnya, mereka pun berniat untuk membeli saja bakso tahu goreng buatan Isan. 

Banyaknya orang yang menyukai Batagor yang ia buat, akhirnya Isan mulai mencoba menjajakan bakso tahu yang telah digoreng bersama bakso tahu yang biasa ia jual.

BACA JUGA:Mencoba Emping Beras Khas Belitung yang Punya Rasa Autentik

Di luar perkiraannya, peminat batagor mulai kian banyak dan semakin ramai bahkan hingga luar desa, bahkan Batagor lebih laku dari bakso tahu. Akhirnya, pada 1968, Isan mulai membuat dan memasarkan bakso tahu goreng atau batagor. 

Meski awalnya batagor diolah dalam dua tahap, mengukus kemudian menggorengnya. Pekerjaan ini memakan lebih banyak waktu.

Pada akhirnya, ia memutuskan untuk mengoreng langsung adonan yang mentah dan lebih banyak mengembangkan bakso tahu yang digoreng, dengan memberikan aroma dan rasa ikan lebih kuat dan lebih banyak, ditambah sambal. Seperti yang dikenal saat ini, masyarakat lebih banyak menyebutnya Batagor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: