Mencoba Emping Beras Khas Belitung yang Punya Rasa Autentik

Mencoba Emping Beras Khas Belitung yang Punya Rasa Autentik

Emping beras merupakan salah satu warisan nenek moyang masyarakat Belitung-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kerupuk, jika bicara tentang panganan yang satu ini pasti semua orang sudah banyak yang mengetahui tentang kelezatan panganan yang satu ini. 

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kerupuk yang menjadi pendamping menu makanan rumah-sehari hari. Bahkan sanking nikmatnya panganan yang satu ini, makanan ini menjadi favorit sebagian orang dan harus ada disetiap menu santapan. 

Salah satu jenis kerupuk yang memiliki cita rasa autentik dan bikin nagih adalah kerupuk emping. Nama emping mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Panganan sejenis kerupuk ini bisa ditemukan hampir seluruh wilayah di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. 

Panganan emping ini cocok sekali untuk dijadikan camilan atau topping berbagai menu makanan seperti: soto, bubur ayam, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, gado-gado, hingga lontong sayur.

BACA JUGA:Mencicipi Cita Rasa Nasi Gandul Khas Pati yang Menggugah Selera

Tapi, ternyata emping bukan cuma berasal dari buah melinjo (Gnetum gnemon). Melinjo sendiri merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam melinjo yaitu protein, serat, zinc, zat besi, hingga magnesium. Dari nutrisi dan mineral itulah manfaat emping melinjo berasal.

Tahukah kamu, di Indonesia terdapat salah satu emping unik yang berbeda dengan emping pada umumnya. Di Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Belitung ada emping yang berasal dari beras yakni emping beras.  

Nah, loh bagaimana bisa? Yuk, sini kita bahas agar kamu dapat mengambil Insightnya. 

Sesuai namanya, emping beras memang terbuat dari beras. Emping beras merupakan salah satu warisan nenek moyang masyarakat Belitung, terutama masyarakat yang disebut sebagai Orang Darat. 

BACA JUGA:Berburu Kuliner Khas Nusantara di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang

Masyarakat ini menjadikan bidang agraris sebagai sumber kehidupan mereka. Makanya, enggak heran kalo banyak tradisi dan budaya yang lahir dari bidang ini.

Meskipun merupakan makanan khas, emping beras di Belitung enggak bisa lo temukan sepanjang waktu. Kuliner ini biasanya disajikan dalam tradisi maras taun (memotong tahun). 

Tradisi masyarakat agraris ini merupakan acara yang diselenggarakan untuk mengakhiri masa satu tahun berladang dan mengawali masa tanam di tahun yang baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: