8 Jenis Menu Kolak Hidangan Wajib Saat Bulan Ramadhan

8 Jenis Menu Kolak Hidangan Wajib Saat Bulan Ramadhan

Ragam jenis-jenis kolak hidangan khas bukan ramadhan di Indonesia -Pinterest -

Habislah pisang terbitlah ubi, begitulah kira-kira. Kolak ubi menjadi salah satu Kolak yang paling banyak dikonsumsi saat bulan ramadhan. Selain, simple kolak ubi juga mengenyangkan. 

Meski tidak terlalu berbeda dengan jenis kolak sebelumnya. Hanya saja, bahan utama dari jenis kolak satu ini bukanlah pisang melainkan ubi jalar. Umumnya ubi yang digunakan merupakan ubi merah yang dimasak bersama kuah santan dan gula merah hingga teksturnya empuk. 

Namun, tak jarang juga sajian kolak satu ini menggunakan campuran ubi putih dan ubi kuning. Perpaduan tekstur empuk dan rasa manis ubi bersama kuah santan dan gula merah menghasilkan rasa yang sangat lezat.

BACA JUGA:Barongko, Makanan Legendaris Raja Bugis di Makassar Sulawesi Selatan

3. Kolak Candil


Kolak candil-Pinterest -

Sekilas, jenis Kolak selanjutnya ini terlihat tak berbeda dengan kolak biji salak karena bentuknya yang bulat-bulat. Namun, terdapat perbedaan dari bahan yang digunakan untuk membuat isian dari kolak. 

Dimana adonan candil terbuat dari bahan utama tepung ketan dan air, sedangkan adonan biji salak terbuat dari campuran ubi jalar dan tepung tapioka.

Meskipun demikian, kedua jenis kolak ini sama-sama memiliki cita rasa yang lezat. Kolak yang satu ini menawarkan cita rasa kolak yanb sangat nikmat bahkan tak jarang banyak yang ketagihan dengan jenis kolak yang satu ini. 

BACA JUGA:Tergeser Makanan Kekinian, Pais Jajanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan yang Mulai Terlupakan

4. Kolak Biji Salak


Kolak biji salak-Pinterest -

Untuk jenis kolak yang selanjutnya adalah Kolak biji salak, meskipun dinamakan sebagai “Kolak Biji Salak”, jenis kolak satu ini tidak terbuat dari biji salak. 

Jenis kolak satu ini terbuat dari adonan tepung tapioka atau tepung sagu dan ubi jalar dan dibentuk bulat-bulat sebesar biji salak sehingga kerap dinamakan sebagai ‘biji salak’. 

Seperti halnya jenis-jenis kolak pada umumnya, adonan biji salak ini dimasak bersama kuah santan dan gula merah sebagai kuahnya. Memiliki tekstur kenyal dan rasa manis menjadikan cita rasa kolak satu ini sangat berbeda dari jenis-jenis kolak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: