Menjelajahi Taman Wisata Desa Sesaot yang Masuk Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia

Menjelajahi Taman Wisata Desa Sesaot yang Masuk Dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia

Para pengunjung yang berlibur ke Taman Wisata Desa Sesaot-Akun Insatagram @elingastiti-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat berkunjung ke Nusa Tenggara Barat kamu akan menemukan beragam pilihan destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam, kekayaan budaya dan tradisi serta sejarah masa lalu. 

Terdapat salah satu destinasi wisata yang bisa memberikan pengalaman liburanmu menjadi lebih sempurna, karena destinasi wisata ini menawarkan berbagai keindahan dan aktivitas menarik yang bikin liburan kamu tidak membosankan. Destinasi wisata yang satu ini bernama Taman Wisata Desa Sesaot.


Taman Wisata Desa Sesaot-Akun Insatagram @watsiqo_ditabilmila-

Destinasi wisata yang satu ini merupakan desa wisata yang mengusung konsep Community Based Tourism. Konsep Community Based Tourism merupakan konsep pariwisata berbasis masyarakat yang di berdayakan untuk mengelola objek wisata di wilayahnya sendiri. 

Taman Wisata Desa Sesaot ini pernah masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

BACA JUGA:Menyusuri Cantiknya Pantai Batu Lubang di Maluku

Tahukah kamu, Desa Sesaot tersusun oleh batuan gunung api dari komplek Gunung Punikan dan Gunung Rinjani. Desa wisata ini juga merupakan bagian dari jalur geowisata yang berkaitan dengan pembuatan jalur pendakian Sasak Kuno menuju Gunung Rinjani. 

Sesuai dengan namanya Taman Wisata Desa Sesaot terletak di Desa Sesaot, Kecamatan. Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Untuk mencapai lokasi, jaraknya sekitar 40,5 kilometer atau sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.

Ada berbagai ojek wisata yang bisa kamu jelajahi saat berada di Taman Wisata Desa Sesaot. Salah satunya adalah Pusat Rekreasi Masyarakat atau Purekmas yang menjadi destinasi unggulan berupa pemandian air alami nan bersih dan jernih. 


Menparekraf Sandiaga Uno yang berkunjung ke Taman Wisata Desa Sesaot-Akun Insatagram @prokopilobar-

Selain itu, terdapat pemandian alami yang sumber airnya langsung dari Gunung Rinjani yakni pemandian Aik Nyet. Tempat pemandian ini memiliki air yang cenderung dingin, oleh karena itu tempat ini sering disebut dengan Aik Nyet. yang dalam bahasa Sasak berarti air dingin.

Bagi yang suka menikmati pemandangan dari ketinggian, kamu bisa mampir ke Bukit Mangga. Tanpa perlu mendaki, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar berupa bukit, kawasan pedesaan, dan Gunung Rinjani.

Ada objek wisata unik yang bisa ditemukan di Desa Sesaot yaitu Taman Miring. Taman ini memiliki tingkat kemiringan sekitar 45 derajat dan biasa digunakan sebagai tempat kongko anak muda. Di taman ini, menyediakan fasilitas pondok atau gazebo untuk bersantai dan yang lebih menarik terdapat spot foto yang kekinian.

Desa Sesaot juga dikenal dengan wisata alam berupa air terjun. Di sana, terdapat Air Terjun Tibu Sendalem yang berada di dalam hutan belantara. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 6-5 meter dan terdapat kolam seluas 400 meter persegi dari hasil tumpahan air terjun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: