Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Pemandian Para Bidadari

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Pemandian Para Bidadari

Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Pemandian Para Bidadari -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang setuju jika Lombok, salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi saat ingin liburan. 

Bagaimana tidak Lombok selalu menawarkan destinasi wisata yang tak kalah indah dengan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Bahkan sangking indahnya banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona 

Destinasi wisata yang menarik perhatian adalah Air Terjun Sendang Gile. Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

BACA JUGA:Menyaksikan Keindahan Danau Ranu Kumbolo di Bawah Kaki Gunung Semeru

Air terjun Sendang Gile ternyata memiliki sejarah yang menarik. Setidaknya terdapat dua versi yang berasal dari penduduk setempat. 

Pertama, konon katanya Air Terjun Sendang Gile merupakan kolam pemandian para bidadari. Jadi, saat bidadari turun ke bumi, mereka akan singgah dan mandi di tempat ini.

Nah, sedangkan versi keduanya menyebutkan Air Terjun Sendang Gile berasal dari nama Sendang Gile itu sendiri. Sendang Gile awalnya merupakan kalimat yang berbunyi sengang gile yang bermakna singa gila. 

Sebutan singa gila karena pada masa lampau penah terjadi pengrusakan oleh singa di salah satu desa. Penduduk setempat mencarinya ke hutan dan salah satu penduduk menemukan sebuah air terjun pada saat mencari singa gila ini yang diberi nama Sengang Gile. 

BACA JUGA:Menilik Sejarah dan Pesona Kawah Biru yang Berasal dari Letusan Gunung Kerinci di Abad ke 14

Lambat laun, penyebutannya berubah menjadi Sendang Gile. Selain itu, air terjun ini juga disebut dengan sebutan Batu Ko’ (batu kerbau).

Air terjun Sendang Gile berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Pada jalur pendakian menuju puncak Rinjani, para wisatawan akan terlebih dahulu menemukan air terjun ini. 

Aliran air terjun diyakini merupakan aliran air yang berasal dari Danau Segara Anak yang juga berada di sekita lokasi Gunung Rinjani.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut. Kedalamannya sekitar 31 meter dari dasar sungai. Air terjun Sendang Gile memiliki dua tingkat. 

Tingkat pertama dari puncak, air mengalir atau terjun ke kolam yang berada di antara tingkat pertama dan kedua. Sedangkan tingkat kedua merupakan arus air kolam tadi yang terjun ke bawah mengalir bersama sungai yang berada di dasar air terjun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: