Tebing Keraton Bandung, Wisata Favorit dengan Panorama Hutan Pinus yang Asri

Tebing Keraton Bandung, Wisata Favorit dengan Panorama Hutan Pinus yang Asri

Keindahan Tebing Keraton yang dilihat dari ketinggian -Akun Instagram @bandung_beautiful-

BENGKULUEKSPRESS.COM - " Pengen liburan, mending ke Bandung aja!" ajak ini yang memang benar adanya. Bandung menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan seluruh Indonesia.

Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Bandung yakni Tebing KeratonTebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. 

Tebing Keraton memiliki misteri atas penamaan yang kini dikenal. Dahulu, masyarakat sekitar mengenal tebing ini dengan nama Pasir Jontor.

Dalam bahasa Sunda, pasir memiliki arti 'bukit dan jontor memiliki arti 'memble. Hal ini disebabkan karena bentuk Tebing Keraton yang monyong ke depan. Sebagaimana mulut seseorang sehabis dipukul.


Spot foto yang terdapat di Tebing Keraton - Akun Instagram @wisatahitsbandung-

Namun ada juga cerita masyarakat yang mengatakan desas-desus cerita mistis tentang alasan kenapa Pasir Jontor diganti menjadi Tebing Keraton. Yakni, dahulu ada orang pintar yang mendatangi tempat ini, ketika berada di sana, dia melihat bangunan keraton yang berdiri megah di tempat ini. Orang pintar itu menyebutkan bahwa bangunan itu adalah keraton atau kerajaan jin yang sudah dibangun sejak lama.

BACA JUGA:Kekayaan Alam Raja Ampat, Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Tahukah kamu,  Selain namanya yang menjadi misteri tak khayal jika Tebing Keraton memiliki banyak cerita mistis karena keangkerannya. Konon, Dahulu tempat ini sangat ditakuti oleh warga sekitar, jangankan pada malam hari, pada siang hari pun orang-orang akan berfikir dua kali sebelum menginjakan kaki di tebing ini. Banyak sekali yang mengalami kesurupan saat datang ke sana.

Ets, tunggu dulu kamu tidak perlu takut untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Saat ini Terbing Keraton merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan meski banyak cerita mistis didalamnya. Tempat wisata ini memiliki keindahan panorama alam yang mempesona. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) Tebing Keraton menawarkan panorama hutan pinus yang asri. \


Keindahan panorama dengan latar belakang pegunungan -Akun Instagram @risma_sumyati-

Ketika berkunjung ke Tebing Keraton kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dan tentunya akan memanjakan kamu dengan udaranya yang sejuk dan segar. Ada Beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini.

Keindahan Kota Bandung dan perbukitan hijau menjadi suguhan utama dari tempat ini. Kawasan Tebing Keraton dikelilingi hutan pinus dan perbukitan hijau yang terlihat menyegarkan. Pemandangan ini menggugah wisatawan untuk mengabadikan foto.

BACA JUGA:Indahnya Pantai Tangsi, Pantai Berwarna Merah Muda di Taman Nasional Komodo NTT

Berada di ketinggian 1.200 mdpl, tempat ini juga menyajikan panorama sunrise dan sunset yang cantik. Waktu terbaik untuk berburu momen sunrise di Tebing Keraton adalah pukul 05.00-07.00 WIB. Bila ingin menikmati sensasi menyatu dengan alam, berkemah di Tebing Keraton bisa jadi pilihan yang mengasyikkan. Setelah mendapat izin dari pihak pengelola, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: