4 Pelaku Spesialis Bobol Rumah Kosong Ditangkap, 2 Pelaku Masih Buron

4 Pelaku Spesialis Bobol Rumah Kosong  Ditangkap, 2 Pelaku Masih Buron

Para pelaku spesialis pembobol rumah ditangkap-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim Opsnal Polsek Muara Bangkahulu berhasil menangkap kawanan spesialis pencurian dengan pemberatan alias pembobol rumah kosong di wilayah hukum Polsek Muara Bangkahulu, Selasa (14/11/2023).

Pelaku diketahui berjumlah 6 orang, namun yang baru tertangkap sebanyak 4 orang dan 2 orang lainnya masih dalam pengejaran alias buron. 

Dikatakan Waka Polresta Bengkulu AKBP Max Mariniers didampingi Kapolsek Muara Bangkahulu, para pelaku yang berhasil ditangkap ini merupakan spesialis pencurian rumah kosong.

BACA JUGA:Warga Kota Bengkulu Ditangkap Usai Beli Sabu-sabu

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku bekerjasama dan melakukan aksi pembobol secara berulang kali pada satu rumah yang menjadi target operasi mereka.

"Dari empat pelaku yang diamankan dua diantaranya masih di bawah umur. Para pelaku ini dalam melancarkan aksinya sudah melakukan mapping, TKP mana saja yang akan ia sasar," ujar AKBP Max Mariniers.

Tak hanya itu, aksi pencurian yang dilakukan para pelaku ini memang menyasar pada rumah-rumah kosong yang cukup lama di tinggal oleh pemiliknya.

BACA JUGA:Bandar Narkoba di Kota Bengkulu Tertangkap, Diamankan Bersama 43 Paket Sabu

Ketika berhasil masuk, pelaku dengan leluasa mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah. Seperti perabotan rumah tangga, aksesoris rumah seperti guci, kasur, timbangan, hingga barang-barang berharga lainnya.

"Mereka ini memang menyasar rumah kosong yang kemudian barang-barang hasil curiannya diangkut secara berulang-ulang. Dalam melakukan aksinya ini, pelaku menggunakan senjata tajam jenis linggis untuk mencongkel pintu maupun jendela rumah kosong tersebut," sambungnya.

Barang-barang hasil curian ini, sambungnya di sembunyikan terlebih dahulu oleh para pelaku di semak-semak yang lokasinya tak jauh dari TKP.

Kemudian, di angkut dan di jual di sosial media oleh para pelaku. Penjualan dengan menggunakan sosmed inilah yang membuat aksi mereka tercium oleh tim opsnal Polsek Muara Bangkahulu dan langsung melakukan penyelidikan serta menangkap para pelaku.

BACA JUGA:Honda Jazz Hantam Pohon di Pantai Panjang, Begini Kondisi Korban

"Para pelaku ini mengambil barang-barang curian lalu dikumpulkan di semak-semak dan kembali melakukan pencurian lagi keesokan harinya.  Terungkapnya setelah mereka menjual barang-barang curian itu ke sosmed seperti forum jual beli," pungkas AKBP Max.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: