Sepele, Inilah Ciri dan Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergetar

Sepele, Inilah Ciri dan Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergetar

Ciri dan penyebab mengapa ban belakang pada motor matic bisa bergetar-Pinterest-

Ban belakang goyang pada sepeda motor matic seringkali menimbulkan getaran berlebih pada kendaraan saat melaju. Getaran tersebut dapat dirasakan pengemudi melalui setir atau setang, serta rasa tidak nyaman pada jok motor yang kita duduki.

2. Bunyi berderit atau retak

Selain menimbulkan getaran, ban belakang yang goyah juga dapat menimbulkan bunyi keras atau pecah saat sepeda motor melaju. Suara bising ini mungkin berasal dari gesekan atau gesekan yang tidak normal antara ban dan bagian sepeda motor lainnya.

3. Ketidakstabilan saat menikung

Sepeda motor matic sering dikatakan memberikan kestabilan saat menikung. Namun jika ban belakang mulai bergetar, pengemudi bisa mengalami ketidakstabilan atau kesulitan mengendalikan kendaraan di tikungan.

4. Penggunaan ban yang tidak rata

Ban belakang yang kendor pada kendaraan bertransmisi matic dapat menyebabkan penggunaan ban tidak merata. Beberapa bagian ban mungkin lebih cepat aus dibandingkan bagian lain, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dan mempercepat keausan.

BACA JUGA:Ketahui 6 Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot Motor

BACA JUGA:Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

5. Mengubah pola rem

Selain itu, ban belakang yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi pola pengereman sepeda motor matic. Pengemudi mungkin memperhatikan perubahan respons rem, seperti pengereman tidak rata atau pengereman yang memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa ciri di atas, segera periksakan sepeda motor matic Anda ke bengkel resmi atau mekanik terpercaya untuk mendeteksi dan memperbaiki permasalahannya. 

Keselamatan berkendara adalah prioritas utama dan kondisi ban yang baik sangat penting untuk performa dan stabilitas berkendara yang optimal.

Penyebab Ban Belakang Motor Matic Bergetar

Getaran ban belakang pada motor matic bisa disebabkan oleh banyak penyebab lainnya satu sama lain. Berikut penjelasan lengkap mengenai penyebab umum kondisi tersebut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: