Ketahui 6 Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot Motor

Ketahui 6 Faktor Penyebab Kebocoran Knalpot Motor

Penyebab kebocoran kenalpot motor-Pinterest: Arafat Mukaddam-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Knalpot merupakan bagian penting pada kendaraan bermotor yang bertugas mengalirkan dan membuang gas akibat proses pembakaran mesin.

Jika terjadi kebocoran knalpot, akibatnya bisa sangat buruk. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kebocoran knalpot pada sepeda motor.

Kebocoran knalpot pada dasarnya dapat menyebabkan kelebihan udara pembakaran tidak terbuang seluruhnya sehingga dapat menurunkan performa mesin.

Itulah penting untuk mengetahui beberapa penyebab umum kebocoran knalpot pada sepeda motor yang sering kita temui atau alami sendiri. Berikut penyebab utama kebocoran knalpot pada sepeda motor :

BACA JUGA:Ini Dia 7 Permasalah Motor Matic yang Sering Terjadi

BACA JUGA:Tidak Cepat Rusak dan Tahan Lama, Ini Dia 6 Alasan Mengapa Suku Cadang Motor Harus Asli

1. Pemasangan yang tidak benar

Pemasangan yang tidak benar menjadi salah satu faktor penyebab kebocoran knalpot yang sering dijumpai. 

Jika pipa knalpot tidak dipasang dengan benar, misalnya karena mengencangkan baut secara berlebihan atau mengabaikan peran peredam kejut, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan tekanan dan dapat merusak struktur pipa knalpot. 

Baut yang terlalu kencang dapat menimbulkan tekanan yang tidak merata pada komponen knalpot, sehingga menyebabkan sambungan dan lasan melengkung atau retak.

2. penggunaan bahan berkualitas buruk

Selain pemasangan yang tidak benar, penggunaan bahan limbah berkualitas buruk atau tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menahan suhu tinggi dapat menjadi penyebab kerusakan gas buang yang serius. 

BACA JUGA:Simak 5 Tips Berikut Sebelum Mengganti Knalpot Mobil Kamu

Bahan yang tidak tahan terhadap suhu tinggi yang dihasilkan oleh knalpot mesin dapat melengkung, meleleh atau bahkan terbakar sehingga menimbulkan kondisi kebocoran pada struktur knalpot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: