Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Salah satu gejala biduran bisa ditandai dengan bentol merah yang melebar dan menyebar pada kulit. -Pinterest -

Urtikaria dingin muncul setelah kulit terpapar penurunan suhu udara atau air dingin secara tiba-tiba. Kondisi lembab dan berangin juga dapat memunculkan biduran di kulit. 

Urtikaria dingin paling sering terjadi pada orang dewasa. Pengobatan biduran karena udara dingin biasanya minum antihistamin dan menghindari udara atau air dingin yang menjadi penyebab masalah kulit ini.

3. Berkeringat

Keringat pada dasarnya tidak menyebabkan gatal-gatal. Namun, tubuh yang berkeringat menandakan tubuh sedang mengalami kenaikan suhu. 

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Bagi beberapa orang, kenaikan suhu tubuh, baik karena olahraga maupun mandi air panas, dapat menjadi penyebab biduran atau gatal-gatal.

Sebuah riset yang diterbitkan dalam Clinical Autonomic Research menyebutkan bahwa​​ tubuh memproduksi asetilkolin, yaitu bahan kimia yang menghambat pemecahan sel. 

Asetilkolin memang bertugas merangsang produksi keringat pada saraf simpatik. Namun, zat ini dapat mengganggu perkembangan sel-sel kulit sehingga kulit menjadi iritasi dan memicu ruam pada kulit.

4. Alergi pada hewan

Selain alergi pada amakanan, alergi pada hewan bisa menjadi penyebab munculnya bentol-bentol di kulit atau biduran. Reaksi alergi biasanya muncul karena dipicu paparan terhadap bulu, kulit, air seni, atau air liur hewan.

BACA JUGA:Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Setiap hewan bisa memicu reaksi alergi. Namun, alergi pada kucing dan anjing adalah yang paling banyak terjadi.

Jika biduran muncul karena alergi terhadap hewan, sebaiknya hindari bermain dengan hewan tersebut untuk meredakan gatal karena biduran.

5. Alergi serbuk sari

Bagi orang yang sensitif, menghirup serbuk sari bisa memicu alergi. Reaksi alergi ini terkadang juga bisa ditandai dengan biduran, hidung tersumbat, atau bersin-bersin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: