Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Penyebab kekurangan sel darah merah yang menandakan anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah Anda pernah atau bahkan sering mengalami anemia? anemia adalah salah satu kelainan darah yang membuat Anda mudah lelah, pusing, dan pucat. 

Namun sayang, gejala anemia sering disalahpahami sebagai tanda penyakit lain sehingga tidak sedikit orang menyadari mereka memilikinya. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengalami anemia sebaiknya mengetahui penyebannya akan membantu Anda mencegah penyakit tersebut. 

Lantas, apa yang menjadi penyebab anemia? Yuk cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

Anemia adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Kondisi yang juga dikenal dengan kurang darah ini terjadi setidaknya pada lebih dari 1,6 miliar orang di dunia. 

Wanita, baik yang remaja maupun dewasa, serta orang-orang dengan penyakit kronis tertentu memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kondisi ini.

Ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi cukup sel darah merah sehat sesuai batas jumlah semestinya adalah penyebab utama anemia. 

Pada kebanyakan kasus, penyebab kekurangan sel darah merah yang menandakan anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Hemoglobin adalah protein khusus yang bertugas mengikat oksigen dan nutrisi penting pada sel-sel darah merah untuk kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Protein ini juga berfungsi memberikan warna merah pada darah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan kondisi anemia berikut diantaranya; 

1. Kurang asupan gizi

Kurangnya asupan gizi menjadi salah satu penyebab anemia yang paling umum dan sering kali tidak di sadari oleh sebagian orang. Dengan mencukupi asupan nutrisi sehar-hari Anda dapat membantu tubuh dalam mencegah anemia terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: