Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Identik dengan Wanita, Inilah 7 Penyebab Anemia Terjadi

Penyebab kekurangan sel darah merah yang menandakan anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah. -Pinterest -

Tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup, beberapa vitamin atau mineral tertentu punya peran penting untuk membantu tubuh membuat sel darah merah, seperti zat besi, asam folat (vitamin B9), dan vitamin B12.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Daun Bawang, Mulai dari Memperkuat Kekebalan Tubuh Hingga Cegah Risiko Penyakit Mematikan

2. Jenis kelamin

Anemia identik dengan wanita, hal ini disebabkan wanita memiliki kadar hemoglobin dan hematokrit lebih rendah ketimbang pria. Pada pria sehat, kadar hemoglobin normal adalah sekitar 14-18 g/dL dan hematokritnya 38,5-50 persen.

Sementara itu, pada perempuan sehat, kadar normal hemoglobinnya bisa sekitar 12-16 g/dL dan hematokrit sebesar 34,9-44,5 persen. 

Perbedaan inilah yang membuat wanita lebih rentan mengalami anemia daripada laki-laki. 

3. Menstruasi berat

Menstruasi berat atau menorrhagia juga menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia pada remaja wanita dan dewasa.

Pada perempuan, asupan zat besi tidak hanya digunakan untuk mendukung pertumbuhan, tetapi juga digunakan untuk mengganti zat besinya yang hilang karena menstruasi setiap bulannya.

BACA JUGA:Jangan Langsung Gosok Gigi Saat Bangun Tidur, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

Ketika haid berlangsung lebih lama dan darah yang keluar juga lebih banyak dari biasanya, Anda berisiko mengalami kekurangan darah. Ini karena volume darah yang terbuang cenderung lebih banyak daripada yang dihasilkan.

Kondisi ini menimbulkan tanda dan gejala anemia, termasuk kulit pucat dan gampang lelah.

4. Kehamilan

Tak hanya menstruasi yang berat, kondisi hamil juga bisa menjadi salah satu faktor risiko Anda didiagnosis anemia. Pada saat hamil, otomatis tubuh ibu akan menghasilkan sel darah lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Jika ibu hamil tidak bisa mencukupi asupan makanan kaya zat besi, asam folat, atau nutrisi lainnya, sel darah merah yang dihasilkan tubuh akan lebih sedikit dari seharusnya. Ini adalah penyebab utama munculnya anemia pada ibu hamil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: