Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Waspada Gangguan Autoimun, Ini Dia 10 Penyebab Biduran yang Perlu Diketahui

Salah satu gejala biduran bisa ditandai dengan bentol merah yang melebar dan menyebar pada kulit. -Pinterest -

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Akibatnya, tubuh memberikan respons peradangan dengan memunculkan bentol merah seperti biduran.

9. Infeksi bakteri dan parasit

Biduran juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, kondisi ini sering ditemui pada anak-anak. Salah satu jenis bakteri penyebab biduran adalah Haemophilus influenzae tipe B yang merupakan bakteri penyebab penyakit serius seperti meningitis, pneumonia, dan infeksi lainnya.

10. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab gatal biduran. Kondisi ini disebut dengan drug-induced urticaria.

Jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan efek samping berupa biduran adalah penisilin, NSAID, griseofulvin, morphine, atau codeine.

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Ciri biduran akibat obat-obatan ini sama seperti halnya biduran yang muncul karena alergi atau penyebab lainnya, yakni berupa bentol-bentol yang melebar.

Biduran karena obat-obatan ini dapat menyerang bagian tubuh mana saja, bahkan pada telapak tangan, telapak kaki, dan kulit kepala.

Itulah sejumlah penyebab biduran yang penting untuk diketahui. Jika biduran berulang atau parah, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: