Bye Bye Pikiran Jelek, Ini Solusi Mengatasi Overthingking Agar Tidak Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Mental

Bye Bye Pikiran Jelek, Ini Solusi Mengatasi Overthingking Agar Tidak Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Mental

Overthinking atau berpikir berlebihan adalah kondisi di mana seseorang terlalu banyak memikirkan suatu masalah atau situasi-Pinterest -

3. Merangkul rasa takut

Saat mengalami overthingking, kita akan mengalami rasa takut dan khawatir yang berlebih. Pastinya akan ada beberapa hal yang selalu berada di luar kendalimu.

Belajar untuk menerima risiko yang akan terjadi nantinya bisa sangat membantu kamu untuk membatasi pikiran yang berlebihan. Jadi, jangan takut untuk menghadapi hal-hal buruk yang dapat terjadi, ya.

4. Menerima kegagalan

Selain mrengalami rasa takut dan khawatir yang berlebih, orang yang overthinking sering kali berpikir bahwa dirinya salah ketika mengalami kegagalan. Padahal, hal ini justru bisa memicu terjadinya stres.

BACA JUGA:Orang-orang yang Dilindungi Khodam Pengasihan, Simak Selengkapnya

Daripada menyesali hal-hal yang sudah terjadi, lebih baik kamu berpikir ke depan untuk menjadi lebih baik dan menjadikan kegagalan ini sebagai sebuah pelajaran.

Overthinking pastinya tidak akan hilang begitu saja, kamu bisa terus mengulangi cara mengatasi overthinking di atas agar dapat terhindar dari kondisi tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk terus bersyukur agar dapat membantu pikiran kamu untuk terus berpikir positif.

5. Memberikan batasan waktu sebelum mengambil keputusan

Saat mengalami overthingking, kita sering kali mengambil keputusan tanpa berpikir panjang. Hal ini karena orang tersebut tidak ingin mengambil langkah yang salah.

BACA JUGA:Pria Harus Tahu, Inilah 9 Ciri-Ciri Wanita yang Menutupi Perasaan Cintanya, tapi Gengsi

Untuk mengatasinya, kamu dapat memberikan batasan waktu untuk mengambil keputusan agar tidak terus berlarut-larut dalam pikiran tersebut.

Selain itu, agar pikiranmu tetap fokus, kamu bisa membuat daftar prioritas akan solusi-solusi yang kamu hendak ambil. Kamu bisa mengurutkannya berdasarkan besarnya manfaat yang bisa diambil.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi overthingking. Apabila cara-cara tersebut telah diterapkan tapi kamu masih mengalami overthinking, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog agar mendapatkan solusi yang tepat guna mengatasi kebiasaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: