Bye Bye Pikiran Jelek, Ini Solusi Mengatasi Overthingking Agar Tidak Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Mental

Bye Bye Pikiran Jelek, Ini Solusi Mengatasi Overthingking Agar Tidak Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Mental

Overthinking atau berpikir berlebihan adalah kondisi di mana seseorang terlalu banyak memikirkan suatu masalah atau situasi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Overthinking atau berpikir berlebihan adalah kondisi di mana seseorang terlalu banyak memikirkan suatu masalah atau situasi, hingga pikiran jelek ini sering kali hingga ke tingkat yang tidak sehat dan mengganggu kesehatan mental.  

Overthinking tak hanya sekadar melelahkan, tapi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar tidak berlarut-larut, ada cara mengatasi overthinking yang bisa kamu coba lakukan. 

Artikel ini akan memberikan informasi yang kamu butuhkan untuh mengatasi overthingking agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mengatasi overthingking? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Overthinking merupakan kondisi yang sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Oleh karena itu, bila berbagai ciri dan tanda overthinking muncul, kamu bisa coba mengatasinya dengan sejumlah cara berikut ini:

BACA JUGA:Orang-orang yang Memiliki Khodam Warisan, Ini Ciri-cirinya

1. Mencoba mencari tahu pemicunya

Terkadang saat mengalami overthingking seseorang tidak menyadari apa yang menjadi pemicunya. Oleh, karena itu, cara mengatasi overthinking yang paling utama adalah mencari tahu pemicunya. 

Setelah mengetahui pemicunya, kamu bisa mulai mencari solusi untuk menyelesaikan masalah dari apa yang membuatmu overthinking.

Bila kamu merasa kesulitan menentukan pemicu dan solusinya, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga, teman terdekat, atau bahkan psikolog.

2. Mencari pengalihan

Setelah mengetahui pemicu, kamu bisa mulai untuk mencari kesibukan lain yang menyenangkan. Hal ini bertujuan agar otak tidak terlalu fokus pada pemicu overthinking tersebut.

BACA JUGA:Intip 10 Cara Cepat Meningkatkan Followers TikTok Secara Gratis

Selain itu, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran. Caranya, kamu harus berada di tempat tenang dan nyaman, lalu pastikan tubuh dalam keadaan rileks dan mulai atur napas sambil memikirkan hal-hal positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: