Ketahui 9 Jenis Makanan Rendah Kalori Enak dan Dapat Menjaga Berat Badan

Ketahui 9 Jenis Makanan Rendah Kalori Enak dan Dapat Menjaga Berat Badan

Makanan rendah kalori yang baik-Pinterest -

Ada beragam jenis ikan yang tergolong rendah kalori adalah ikan salmon, gindara, tilapia, lele, bawal, dan tuna. Namun, pastikan ikan diolah dengan cara yang sehat sebelum Anda mengonsumsinya, misalnya dengan cara dikukus atau ditumis dengan sedikit minyak. Sebisa mungkin, hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng.

4. Ayam tanpa kulit

Jika kurang suka mengonsumsi ikan atau memiliki alergi makanan laut, Anda bisa mengonsumsi jenis daging rendah lemak lainnya, misalnya daging ayam. Namun, pastikan Anda menyisihkan bagian kulit ayam sebab bagian tersebut diketahui tinggi kalori dan rendah nutrisi.

BACA JUGA:Terbuat dari Campuran Bahan Alami, Inilah 8 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

5. Telur

Makanan sehat dan rendah kalori lainnya adalah telur. Telur kaya akan nutrisi dan memuat protein yang tinggi sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan manfaat telur, Anda bisa merebus telur dan menjadikannya sebagai menu sarapan atau camilan.

6. Tahu dan tempe 

Tahu  dan tempe menjadi salah satu makanan rendah kalori lain yang banyak memuat kandungan nutrisi. Dalam 100 gram tahu hanya terkandungs sekitar kurang lebih 144 kalori.

Selain itu, tahu dan tempe juga mengandung protein, serat, kalsium, mangan, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan.

BACA JUGA:Agar Lambung Tetap Sehat dan Bebas Penyakit, dr Zaidul Akbar: Konsumsi Buah Enak Ini

7. Kacang-kacangan

Selain rendah kalori, beberapa jenis kacang-kacangan mengandung protein yang tinggi sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama ketika dikonsumsi. Dengan demikian, keinginan untuk makan secara berlebihan pun dapat ditekan.

Kandungan kalori kacang-kacangan umumnya sama per takaran sajinya. Pilihan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi pun sangat beragam, mulai dari kacang almond, kenari, mete, hingga edamame.

8. Biji bijian

Biji-bijian, seperti jagung, gandum utuh, dan bulgur, masuk ke dalam kategori makanan rendah kalori. Biji-bijian mengandung beragam vitamin dan mineral yang dapat menurunkan berbagai risiko gangguan kesehatan, seperti anemia, sembelit, hingga diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: