Sayang untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Sayang untuk Dilewatkan, Inilah 5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Daun singkong mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin yang dibutuhkan tubuh-Pinterest -

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C serta folat yang tinggi dalam daun singkong ternyata mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. 

Vitamin C berperan penting dalam melawan bakteri dan virus, serta memberantas radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, folat (vitamin B9) membantu meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA. 

4. Mengobati masalah rematik 

Penyakit rematik ternyata bisa diobati secara herbal tanpa menggunakan obat kimia. Cara ini bahkan lebih baik dan tanpa efek samping. Gunakanlah daun singkong karena manfaat daun singkong bisa mengobati rematik yang sedang Anda alami. 

Daun singkong mengandung zat-zat tertentu yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat tersebut akan mencegah terjadinya pelepasan zat lain di dalam tubuh yang menjadi penyebab peradangan. Anda bisa mengonsumsi daun singkong yang dicampur dengan air, jahe, dan sereh sebanyak 3 kali sehari. Ini bisa meredakan nyeri akibat rematik.

BACA JUGA:Dapat Mencegah Risiko Penyakit Kronis, Kenali 5 Manfaat Andaliman Rempah Dapur Khas Sumatera Utara

5. Mengobati diare

Singkong memang dikenal dapat mengatasi sembelit yang mengganggu. Namun, daun singkong justru bisa mengatasi gangguan pencernaan lain, yaitu masalah diare. Hal ini dibuktikan penelitian dari Journal of Ayurvedic and Integrative Medicine. 

Para peneliti menggunakan tikus lab yang mengalami diare dan diinduksi oral ekstrak daun singkong atau salah satu dari dua obat antidiare. Hasilnya, tikus yang diberi daun singkong mengalami penurunan gejala yang sama dengan obat antidiare. 

Meski begitu, penelitian tersebut menggunakan ekstrak daun singkong yang dicampur alkohol dan dapat mengobati diare sesekali. Lagi pula, perlu penelitian lanjutan untuk melihat apakah manfaat daun singkong ini berlaku pada manusia.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Krokot untuk Kanker Hingga Diet 

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Beta karoten dalam daun singkong ternyata memberikan manfaat yang baik bagi fungsi kognitif Anda. Hal ini disebutkan dalam ulasan yang dimuat dalam Cochrane. 

Ulasan tersebut mencakup delapan penelitian yang berfokus pada senyawa antioksidan, termasuk beta-karoten. Para peneliti menemukan adanya manfaat kecil terkait dengan suplemen beta karoten terhadap fungsi otak dan memori. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: