Dapat Mencegah Risiko Penyakit Kronis, Kenali 5 Manfaat Andaliman Rempah Dapur Khas Sumatera Utara

Dapat Mencegah Risiko Penyakit Kronis, Kenali 5 Manfaat Andaliman Rempah Dapur Khas Sumatera Utara

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) diperkaya oleh banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang tidak tahu andaliman, andaliman atau yang dikenal juga sebagai merica batak adalah salah satu bumbu masak wajib untuk orang Batak. 

Tak hanya di Indonesia, andaliman juga sangat umum digunakan sebagai bumbu rempah masakan India, Cina, Tibet, Nepal, dan Thailand. Di luar negeri, andaliman lebih akrab disebut Sichuan pepper. 

Nah, sama seperti rempah lainnya, merica Batak ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Yuk, cari tahu apa saja manfaat andaliman di artikel ini.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

Apa saja manfaat andaliman untuk kesehatan?

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium) diperkaya oleh banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor. 

Selain itu, andaliman juga mengandung beberapa antioksidan, seperti pitosterol, terpene, dan karoten. Semua nutrisi penting tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut beberapa manfaat andaliman.

1. Anti-inflamasi dan Antioksidan

Andaliman kaya akan senyawa seperti alkaloid dan flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Kandungan ini tidak hanya membantu meredakan peradangan tubuh, tetapi juga melindungi sel-sel dari potensi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian, konsumsi andaliman dapat memberikan dukungan untuk kesehatan tubuh dengan menangkal efek negatif peradangan dan memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif.1. Anti-inflamasi dan 

BACA JUGA:Ampuh Atasi Penyakit Gerd dalam Sekejap, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Herbal Ini

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat andaliman lainnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh berkat kadar zinc-nya yang tinggi. Ketika Anda tidak mendapatkan zinc dalam jumlah yang cukup dari makanan, kekebalan tubuh Anda akan turun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: