Pilihan Kredit Pensiun Usia 80 Tahun, Mana yang Terbaik

Pilihan Kredit Pensiun Usia 80 Tahun, Mana yang Terbaik

Produk kredit pensiun untuk usia 80 tahun BTPN bernama Kredit Pensiun Sejahtera.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkadang, ada hal tidak terduga yang membutuhkan biaya banyak saat sudah tidak lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan yang maksimal atau saat pensiun. Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada bank atau layanan keuangan lainnya seperti koperasi yang menyediakan kredit pensiun usia 80 tahun. Informasi lengkapnya bisa Anda simak dalam artikel berikut ini.

Informasi berikut ini adalah seputar layanan keuangan yang menyediakan kredit pensiun usia 80 tahun. Jadi, meski Anda tidak bisa mengajukan kredit pensiun usia 80 tahun BRI, BNI, ataupun Mandiri (karena batas maksimal usia 75 tahun untuk produk pinjaman pensiunan), Anda bisa mengajukan kredit pensiun melalui beberapa layanan keuangan di bawah ini.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! 14 Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

1. Kredit Pensiun Sejahtera BTPN
Produk Kredit Pensiun untuk usia 80 tahun BTPN bernama Kredit Pensiun Sejahtera. Melalui produk ini, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan SK pensiun dengan plafon maksimal 300 juta. Kredit Pensiun Sejahtera BTPN ditargetkan untuk PNS atau BUMN/BUMD yang ≤ 24 tahun menjelang pensiun dengan jangka waktu kredit minimal 12 bulan dan maksimal 18 bulan. Dan batas usia pinjaman pensiunan BTPN ini adalah 80 tahun.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan Kredit Pensiun usia 80 tahun BTPN adalah sebagai berikut.
- Asli SK pensiun
- Fotocopy E-KTP
- Fotocopy NPWP
- Informasi manfaat pensiun yang tertera pada SK pensiun/slip gaji pegawai bulan terakhir/ informasi lain yang dapat divalidasi
- Fotocopy kartu peserta Taspen/Asabri/Dapen lainnya
- Fotocopy kartu pegawai
- Fotocopy KK
- Formulir pernyataan kesehatan untuk total fasilitas pinjaman di atas 100 juta atau sesuai syarat dan ketentuan perusahaan asuransi
- Dokumen pengurusan pembayaran manfaat THT dan pensiun pertama

Sedangkan untuk bunga yang dibebankan adalah sebesar 3% flat per bulan. Anda juga akan dikenakan biaya lain seperti biaya tata laksana maksimal 3%, biaya administrasi maksimal 3%, dan biaya premi asuransi jiwa kredit sesuai dengan tabel premi dan perusahaan asuransi.

BACA JUGA:Bisnis Alat Berat yang Menjanjikan! Ini Daftar Harga Sewa Alat Berat per Jam Semua Jenis 2024

Simulasi Angsuran dan Tabel Angsuran Kredit Pensiunan BTPN
Jika Anda tertarik untuk mengajukan kredit pensiun usia 80 tahun BTP, Anda bisa menyimak simulasi angsuran dan tabel angsuran kredit pensiunan BTPN di bawah ini.

Contoh Kasus
Pak Ali adalah salah satu nasabah yang ingin mengajukan kredit pensiun usia 80 tahun di BPTN. Yang mana, jumlah pinjaman beliau adalah Rp 10.000.000 dengan jangka waktu pinjaman 24 bulan dan grace period 12 bulan. Sementara, bunga pinjaman yang dikenakan adalah 1% flat per bulan atau setara dengan 1,79% anuitas per bulan atau 21,57% anuitas per tahun.

Maka, diperoleh hasil sebagai berikut:
Pembayaran bunga selama Grace Period menggunakan Tunjangan Hari Tua:
- Jumlah pinjaman x bunga anuitas/bulan x grace period
- Rp 10.000.000 x 1,79% x 12
- Rp 2.157.125

2. BPR Dana Raya Kredit Pensiun
Bank Perkreditan Rakyat juga menyediakan kredit pensiun usia 80 tahun, salah satunya adalah BPR Dana Raya yang beroperasi di Sulawesi Utara. Lewat layanan ini, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan SK pensiunan.  BPR Dana Raya menyediakan plafon kredit sebesar 10 juta hingga 300 juta rupiah dan rasio angsuran (DSR) maksimal 70% dari take home pay.

BACA JUGA:Makin Cuan, Cara Gampang Jadi Agen Top Up Game Online Tanpa Modal

BPR Dana Raya memiliki tiga jenis kredit pensiun yang ditentukan berdasarkan umur dari nasabah. berikut ini 3 layanan kredit pensiun dari BPR Dana Raya.

- Kredit Pra Pensiun. Diperuntukkan pada tenaga struktural yang masuk usia 56 tahun dan tenaga fungsional yang masuk usia 58 tahun.
- Kredit Pensiun Reguler. Diperuntukkan pada pensiunan yang masuk usia mulai 58 tahun dan berusia 75 tahun saat jatuh tempo.
- Kredit Pensiun Platinum. Diperuntukkan pada pensiunan yang masuk usia 70 tahun sampai dengan usia 80 tahun.

Anda yang ingin mengajukan kredit pensiun usia 80 tahun di BPR Dana Raya bisa menggunakan produk kredit pensiun platinum.

Syarat yang Dibutuhkan
Jika Anda tertarik menggunakan layanan tersebut, berikut persyaratan yang harus Anda penuhi.
- Formulir permohonan kredit yang telah diisi dengan lengkap dan benar
- Fotocopy identitas diri dan pasangan (yang masih berlaku)
- Fotocopy KK
- Fotocopy surat nikah/akta cerai/akta kematian
- SK pensiun asli
- Fotocopy KARIP/buku pensiun
- Pas foto suami dan istri
- NPWP pribadi
- Rincian manfaat pensiun/daftar rincian gaji PNS aktif

BACA JUGA:Makin Cuan, Cara Gampang Jadi Agen Top Up Game Online Tanpa Modal

Setelah semua persyaratan dapat dipenuhi, Anda bisa segera datang ke kantor cabang terdekat di kota Anda. BPR Dana Raya telah memiliki 8 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di Sulawesi Utara.

3. BPR DP Taspen untuk ASN Pensiun Usia 80 Tahun
Selain BPR Dana Raya, ada juga BPR DP Taspen yang menyediakan kredit pensiun usia 80 tahun. Produk ini bernama Kredit Pensiun Platinum Plus. Bagi Anda yang telah berusia 80 tahun atau bahkan lebih dan ingin mengajukan kredit, sangat bisa menggunakan produk Kredit Pensiun Platinum Plus ini. Sebab, produk ini menyediakan kredit pensiun mulai usia 80 tahun sampai 82 tahun.

Syarat yang Diajukan
Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk mengajukan kredit ini adalah sebagai berikut.
- E-KTP pemohon dan penjamin (fotocopy)
- KK (fotocopy)
- SK pensiun sesuai dengan instansi yang mengeluarkan (fotocopy dan asli)
Pastikan semua dokumen lengkap agar proses penjemputan dokumen dan proses pengajuan kredit pensiun platinum plus bisa segera dilakukan.

Keunggulan
Jika Anda mengajukan kredit pensiun untuk usia 80 tahun dari BPR DP Taspen ini, ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Keunggulan yang ditawarkan oleh BPR DP Taspen melalui produk ini adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:8 Doa untuk Memudahkan Aktivitas, Amalkan Setiap Hari

- Proses mudah dan cepat
- Kredit bisa cair di hari yang sama saat pengajuan (sepanjang syarat dan ketentuan telah terpenuhi)
- Bunga kompetitif, suku bunga bersaing dengan bank lain
- Jangka waktu fleksibel maksimal 2 tahun
- Memberikan alternatif pembiayaan bagi pensiunan usia 80 tahun untuk bisa menikmati fasilitas kredit dengan jangka waktu maksimal 2 tahun
- Dilindungi asuransi jiwa kredit
Itulah beberapa keunggulan dari kredit pensiun platinum plus BPR DP Taspen.

BACA JUGA:Kesempatan Emas! Lowongan Kerja di Australia Sistem Potong Gaji

4. KOPNUS POS
KSP Nusantara yang sekarang bertransformasi menjadi KOPNUS POS setelah melakukan kerjasama dengan PT POS Indonesia tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. KOPNUS POS memiliki dua produk kredit pensiun usia 80 tahun, yaitu Kredit Usaha Pensiun dan Kredit Pensiun Tanpa Agunan. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

- Kredit Usaha Pensiun : Melalui produk ini, KOPNUS POS memberikan pinjaman untuk para pensiun yang ingin memulai usaha agar tetap produktif. Batas usia kredit pensiun ini maksimal 83 tahun (sesuai syarat yang berlaku) dan plafon pinjaman hingga 100 juta rupiah. Sedangkan untuk tenornya hingga 11 tahun.
- Kredit Pensiun Tanpa Agunan : Program Kredit Pensiun Tanpa Agunan ini dapat diikuti oleh calon anggota

BACA JUGA:CANGGIH DAN MEWAH! HP Xiaomi 14 Pro Diluncurkan, Intip Spesifikasi dan Harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: